EUR/USD Konsolidasi Keuntungan; Atmosfir “Risk-On” Berlanjut

537

(Vibiznews-Forex) Pasangan matauang EUR/USD mencapai puncaknya di 1.1776, level tertinggi sejak bulan Juli. Setelah berhasil mengalami “breakthrough” suatu “resistan”yang tangguh menahan kemajuannya dengan data ekonomi Amerika Serikat cukup kuat, sementara data ekonomi Eropa mengecewakan, meskipun tidak cukup untuk memicu koreksi turun pada sesi sore Amerika Serikat.

Menurut rilis data resmi Amerika Serikat, klaim pengangguran AS turun ke 201.000 untuk minggu yang berakhir pada tanggal 14 September, level terendah sejak bulan November 1969 dan lebih baik daripada yang diperkirakan sebesar 210.000. Sementara Philly Fed Manufacturing Index untuk bulan September  melompat ke 22.9 hampir dua kali lipat dari bulan Agustus sebesar 11.9 dan jauh diatas daripada yang diperkirakan 17.0. Existing Home Sales bergerak datar pada bulan Agustus dibandingkand dengan kenaikan yang diperkirakan sebesar 0.3%.

Sementara itu, di Uni Eropa, keyakinan konsumen turun tajam di bulan Agustus, dari -1.9 menjadi -2.9, level terendah dalam lebih daripada satu tahun. Jumat ini, PMI Markit pendahuluan bulan September untuk Uni Eropa dan AS akan keluar, dengan angka yang lebih rendah untuk Uni Eropa dan lebih tinggi untuk Amerika Serikat.

EUR/USD mempertahankan keuntungannya pada hari Kamis kemarin dengan pasar tetap tenang terhadap ketegangan perdagangan dengan Cina meskipun ada komentar lebih lanjut oleh Presiden Trump terhadap Cina. Amerika Serikat mengumumkan tarif 10% atas barang-barang Cina yang adalah relatif lebih murah.

Garis “support” berada pada 1.1730 yang apabila tertembus akan terus turun ke 1.1695 dan terakhir ke 1.1660. Garis “resistan” berada pada 1.1790 yang apabila tertembus akan naik terus ke 1.1815 dan terakhir pada 1.1850.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here