EUR/USD Lompat 50 Pips Karena Berita Itali

547

(Vibiznews-Forex) Setelah keputusan untuk menyetujui defisit budget sebesar €2.4 miliar pada hariJumat minggu lalu, seorang pejabat pemerintah senior mengatakan bahwa banyak dari persoalan negara akan terpecahkan jika Itali keluar dari zonaeuro.  Saham-saham terjun dan safe-haven bangkit, dengan “greenback” menjadi “best-performer” terhadap rival Eropanya.

Perhatian sedunia, terutama di Eropa, adalah pada rencana pemerintahan Itali yang baru yang anti-establishment dalam menyelesaikan persoalan-persoalan ekonomi dan keuangan negara tersebut. Matauang Euro merosot dan harga emas mengalami rally setelah seorang pejabat pemerintah mengatakan Itali akan menjadikan matauangnya lebih baik. Uni Eropa harus menyetujui rencana budget Itali yang menurut pendapat kebanyakan orang tidak akan dapat melewati saringan dari Uni Eropa. Persoalan ini kelihatannya meningkat dan bisa terus menekan matauang Euro.

Namun pasangan matauang ini melompat dari kerendahan sebelumnya dengan aksi jual di pasar saham karena keengganan terhadap resiko berbalik kembali pada awal sesi Amerika Serikat dengan Wall Street memangkas kerugian sebelum pembukaan pagi hari dan indeks utama mencapai ketinggian tahunan yang baru. Pemulihan di saham memaksa “greenback” mundur dari ketinggian harian terhadap kebanyakan rivalnya namun berhasil mempertahankan keuntungan harian terhadap rival Eropanya.

EUR/USD  sempat lompat 50 pips ke ketinggian selama sesi di 1.1594 namun kemudian turun lagi dan diperdagangkan pada 1.1585. Kabar bahwa Itali berniat untuk mengendalikan defisit budgetnya menjadi 2% dari GDP pada tahun 2021 kemungkinan membuat permintaan beli yang kuat atas matauang bersama.

Sementara itu pasangan matauang ini berdiam di area 1,1550/70. Apabila turun akan berhadapan dengan level “support” pertama di 1.1510 yang apabila tertembus akan berhadapan dengan 1.1480, sebaliknya kenaikan emas akan berhadapan dengan resistan pertama pada 1.1620 yang apabila tertembus akan bertemu dengan 1.1660

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here