Harga Emas Lompat Karena Permintaan “Safe-haven”

529

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak naik dengan solid pada awal sore perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Selasa kemarin, karena keengganan menghadapi resiko yang meningkat di pasar yang datang dari Uni Eropa. Harga emas menyentuh ketinggian selama seminggu, sementara perak menyentuh ketinggian selama empat minggu. Kenaikan harga emas dan perak terutama disebabkan oleh kemampuan metal berharga untuk membuat rally pada hari kemarin ditengah menguatnya indeks dolar AS yang menyentuh ketinggian selama enam minggu semalam.

Emas berjangka diperdagangkan naik $15.60 per ons pada $1,207.30. Perak Comex Desember terakhir diperdagangkan naik $0.208 pada $14.71 per ons.

Perhatian sedunia, terutama di Eropa, adalah pada rencana pemerintahan Itali yang baru yang anti-establishment dalam menyelesaikan persoalan-persoalan ekonomi dan keuangan negara tersebut. Matauang Euro merosot dan harga emas mengalami rally setelah seorang pejabat pemerintah mengatakan Itali akan menjadikan matauangnya lebih baik. Uni Eropa harus menyetujui rencana budget Itali yang menurut pendapat kebanyakan orang tidak akan dapat melewati saringan dari Uni Eropa. Persoalan ini kelihatannya meningkat dan bisa terus menekan matauang Euro dan memberikan lebih banyak dukungan terhadap pasar emas dan perak yang “safe-haven”.

Pasar saham dunia kebanyakan melemah semalam karena keengganan terhadap resiko yang telah masuk kembali ke pasar. Namun, pasar saham Amerika Serikat mengalami rally pada hari kemarin karena para investor Amerika Serikat menganggap isu Itali bukanlah persoalan mereka – paling tidak belum sekarang. Pasar Cina ditutup sampai hari Jumat untuk liburan publik.

Setelah harga emas melompat pada permulaan sesi Amerika Serikat dari $1,190 per ons ke $1,207 per ons, mencapai level tertingi sejak bulan September. Setelah itu tertarik kembali kebawah dan menemukan “support” diatas $1,200. Pada akhir daripada sesi bertengger disekitar $1,202, naik lebih dari $10, keuntungan terbesar harian di dalam lebih dari satu bulan.

Apabila emas terus naik akan menghadapi “resistan” pertama di $1,211 yang apabila berhasil ditembus akan bertemu dengan “resistan” kedua di $1,217 dan akhirnya $1,225. Sebaliknya apabila berbalik turun akan menghadapi “support” pertama di $1,194.30 yang apabila tertembus akan menemui “support” kedua di $1,189.49 dan akhirnya $1,182.90.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here