Harga Minyak Naik 2 Persen Terangkat Berita Positif Kesehatan Presiden Trump

777

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik sekitar 2% pada awal pekan hari Senin (05/10), terbantu update dari dokter untuk Presiden AS Donald Trump yang menyatakan Trump dapat keluar dari rumah sakit segera pada hari Senin.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di $ 37,99 per barel, naik 94 sen, atau 2,54%.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik menjadi $ 40,13 per barel, naik 86 sen atau 2,19%.

Harga telah merosot lebih dari 4% pada hari Jumat di tengah ketidakpastian seputar kesehatan Trump, ditambah kekhawatiran bahwa meningkatnya jumlah kasus virus corona yang dapat menghambat pemulihan ekonomi global.

Rebound hari Senin didorong oleh meredanya kekhawatiran tentang kondisi kesehatan Trump, meskipun dibayangi oleh beberapa sinyal beragam. Investor khawatir tentang rencana stimulus fiskal AS yang terhambat yang dapat menahan pemulihan permintaan minyak.

Harga juga didukung oleh pemogokan pekerja yang meluas di Norwegia pada hari Senin yang dapat mengurangi kapasitas produksi negara itu sebanyak 330.000 barel setara minyak per hari (boepd) atau 8% dari total produksinya , menurut Asosiasi Minyak dan Gas Norwegia.

Ini mengimbangi indikasi meningkatnya pasokan minyak di pasar. Libya, anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), telah mengalami kenaikan hampir tiga kali lipat dalam produksinya yang mencapai 270.000 barel per hari pekan lalu setelah pasukan timur melonggarkan blokade pada infrastruktur minyak negara itu.

Sementara kenaikan harga baru-baru ini telah mendorong beberapa produsen AS untuk melanjutkan pengeboran. Perusahaan energi AS minggu ini menambahkan kilang minyak dan gas alam untuk minggu ketiga berturut-turut untuk pertama kalinya sejak Oktober 2018, data dari Baker Hughes menunjukkan pada hari Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya harga minyak berpotensi naik dengan berita positif kesehatan Presiden AS Donald Trump. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 38,24-$ 38,64. Jika harga turun, akan bergerak dalam kisaran Support $ 37,88-$ 37,78.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here