Harga Kakao Di London Naik Pada Awal Minggu

518
kakao

 (Vibiznews – Commodity)  – Pada hari Senin bursa AS libur, President Day, namun bursa Eropa di London masih dibuka, harga kakao di London naik pada hari Senin.

Harga kakao Mei di ICE London naik 16 pounds atau 1.0% menjadi 1.665 pound per ton.

Harga kakao masih naik pada penutupan pasar hari Senin walaupun  pengaruh pasar global yang surplus di 2021/22 akan dapat menghentikan kenaikan harga.

Kakao yang dikirim ke pelabuhan naik menjadi 647,137 ton per 21 Januari 2021, karena adanya hasil panen di Ghana yang berlangsung sejak 1 Oktober yang naik 4.3% ,  pengiriman kakao sebelumnya  620,578 ton menurut Ghana Cocoa Marketing Board  (COCOBOD).

Di Ivory Coast cuaca kering dan panas berlangsung di Ivory Coast di pusat perkebunan kakao mengurangi jumlah dan kualitas panen di pertengahan tahun antara bulan April – September, menurut petani para Senin.

Musim kering di Ivory Coast, negara produsen terbesar di dunia, berlangsung dari pertengahan Nopember menjadi Maret, pada saat itu hujan jarang turun.

Curah hujan di Daloa hanya 4 mm pada minggu lalu, lebih rendah 3.6 mm dari rata-rata lima tahun, dan temperatur 28.8 – 32.2 derajat.

Kenaikan Harga kakao pada minggu lalu sangat volatile, harga kakao naik karena pada hari Rabu lalu pemerintah Ivory Cost memberikan discount untuk meningkatkan penjualan, namun  harga sempat juga mencapai harga terendah 2 ¾ bulan karena pandemi global mengurangi permintaan kakao.

Pada hari Kamis lalu persediaan kakao yang dalam pengawasan ICE naik ke jumlah 3 ½ bulan tertinggi  naik dari jumlah terendah 1 tahun pada hari Kamis.

Persediaan kakao menurut pengawasan ICE sebesar 3.545 juta kantong.

Analisa tehnikal untuk kakao dengan support pertama di $2,370 dan berikut di $2,350 sedangkan resistant $2,460 dan $2,500.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here