Bursa Eropa Ditutup Rendah Menantikan Keputusan Kebijakan The Fed

766
euro

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup lebih rendah pada hari Rabu menantikan keputusan kebijakan moneter penting dari Federal Reserve AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup turun 1%. Saham ritel turun 2,3% memimpin kerugian karena sebagian besar sektor dan bursa utama meluncur ke wilayah negatif.

Indeks FTSE berakhir turun 0,84%. Indeks DAX ditutup turun 0,4%. Indeks CAC ditutup melemah 1,24%.

The Fed akan mengumumkan keputusan suku bunga besar pada Kamis dinihari, dengan pasar sebagian besar memperkirakan bank sentral untuk menaikkan suku bunga setengah persentase poin karena terlihat untuk mengendalikan inflasi, bersama dengan mengumumkan rencana untuk memotong neraca dari Juni.

Pendapatan perusahaan tetap menjadi pendorong utama pergerakan harga saham individu di Eropa. Volkswagen, UniCredit dan Enel termasuk di antara mereka yang melaporkan hasil mereka Rabu.

Perusahaan bahan kimia Belgia, Solvay, menambahkan hampir 6% setelah menaikkan panduannya. Saham Kindred Group naik 9% setelah hedge fund AS Corvex Management mengungkapkan 10% saham di perusahaan perjudian online.

Di bagian bawah indeks blue-chip Eropa, perusahaan konstruksi Swedia Skanska turun hampir 10% setelah laporan pendapatan kuartal pertama.

Di sisi data, aktivitas bisnis zona euro dipercepat sesuai dengan ekspektasi pada bulan April, pembacaan PMI (indeks pembelian manajer) baru menunjukkan pada hari Rabu, karena layanan di beberapa ekonomi utama dibuka kembali setelah periode pembatasan Covid-19.

Penjualan ritel zona euro turun di bulan Maret karena turunnya kepercayaan konsumen dan naiknya inflasi menekan pengeluaran rumah tangga. Volume penjualan turun 0,4% di bulan Maret dari bulan sebelumnya, di bawah perkiraan konsensus untuk kenaikan 0,1% di antara para ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal.

Investor juga mengawasi perang di Ukraina, dengan UE mengusulkan sanksi minyak tambahan terhadap Rusia karena pasukan Rusia terus membombardir target di Ukraina timur.

Komisi Eropa pada hari Rabu mengajukan sanksi baru terhadap Kremlin yang akan mencakup fase enam bulan dari impor minyak mentah Rusia.

Saham AS lebih rendah pada Rabu pagi karena investor bersiap untuk keputusan Fed yang akan datang.

Saham di Asia-Pasifik sebagian besar mundur, dengan indeks Hang Seng Hong Kong turun lebih dari 1% karena saham raksasa teknologi Tencent dan Alibaba keduanya menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati hasil pertemuan The Fed yang diperkirakan akan menaikkan suku bunga, yang berpengaruh menekan bursa saham global termasuk bursa Eropa.