BI dan BIS Innovation Hub Umumkan Finalis G20 Techsprint

325

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Bank Indonesia (BI) dan Bank for International Settlements (BIS) Innovation Hub hari Selasa (12/7) mengumumkan daftar finalis G20 Techsprint Initiative 2022. Mengusung tema mata uang digital bank sentral atau central bank digital currency (CBDC), acara ini bagian dari Presidensi G20 Indonesia.

BI, BIS serta para pakar dari bank-bank sentral di seluruh dunia telah memilih 21 finalis. Jdesain yang tepat untuk mengeksplorasi CBDC. Pada praktiknya, para pelaku yang terlibat harus memahami bagaimana tujuan kebijakan, permasalahan, dan teknologi yang saling beririsan.

Bagaimana bank sentral mempersiapkan diri mengembangkan CBDC?

Cara terbaik bagi bank sentral untuk mempersiapkan diri adalah dengan melakukan eksplorasi, percobaan, validasi terhadap konsep yang diusulkan. Selanjutnya, melaksanakan pilot project, dan mengembangkan CBDC lebih lanjut.

Juda Agung juga menegaskan bahwa G20 TechSprint Initiative ini merupakan kesempatan luar biasa bagi para individu dan komunitas. Ini untuk menunjukkan potensi terbaik dengan mengusulkan solusi paling inovatif dan dapat diterapkan dalam implementasi CBDC.

Dalam kesempatan tersebut, acting head BIS Innovation Hub, Ross Leckow mengemukakan bahwa bank sentral di seluruh dunia menunjukkan perhatian yang besar terhadap CBDC.

Proposal yang diajukan para finalis menawarkan solusi teknologi yang unik dan inovatif yang membuka peluang adopsi CBDC secara luas. Hal ini menegaskan peran TechSprint G20 dalam menyatukan para inovator serta bank sentral dan para regulator.

Finalis TechSprint G20

Dari 100 tim peserta yang berasal dari 15 negara telah terpilih 21 finalis TechSprint G20. Para finalis tersebut telah mendemonstrasikan usulan solusi yang mengacu pada tiga tantangan (problem statement) yaitu:

(i) sarana yang efektif dan kuat untuk menerbitkan, mendistribusikan, dan mentransfer CBDC,

(ii) mendukung inklusi keuangan, dan
(iii) meningkatkan interoperabilitas untuk menghubungkan sistem pembayaran dengan lebih baik.

Selanjutnya, para finalis memiliki kesempatan sampai akhir Agustus 2022 untuk menyelesaikan prototipe yang diusulkan Kemudian akan dinilai oleh panel pakar independen yang dibentuk oleh BI.

Untuk menambah wawasan eksperimen CBDC, para finalis dilibatkan dalam CBDC masterclass yang tengah diselenggarakan oleh BIS Innovation Hub. Para pemenang untuk ketiga kategori akan diumumkan pada bulan Oktober sebelum KTT G20.

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting