Harga Minyak Menuju Kenaikan Mingguan Pertama Dari 5 Minggu; Penurunan Besar di Kuartal Ketiga

406
harga minyak mentah

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak berada di jalur untuk kenaikan mingguan pertama dalam lima pada hari Jumat, didukung oleh dolar yang lebih lemah dan kemungkinan bahwa OPEC+ akan setuju untuk memangkas produksi minyak mentah ketika bertemu pada 5 Oktober.

Minyak mentah berjangka Brent untuk November, yang berakhir pada hari Jumat, turun 29 sen, atau 0,3%, menjadi $88,20 per barel. Kontrak Desember yang lebih aktif turun 27 sen menjadi $86,91.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 51 sen menjadi diperdagangkan pada $80,72 per barel.

Kedua kontrak naik lebih dari $1 di awal sesi tetapi memangkas kenaikan di tengah berita bahwa OPEC+ mempersempit jumlah yang sedang dipertimbangkan untuk memangkas produksi menjadi antara 500.000 dan 1 juta barel per hari (bph), sumber OPEC+ mengatakan kepada Reuters.

Sumber OPEC menempatkan kemungkinan angka lebih dekat ke 500.000 barel per hari awal pekan ini, namun sebuah sumber yang akrab dengan pemikiran Rusia mengatakan Moskow dapat menyarankan pemotongan hingga 1 juta barel per hari pada pertemuan kelompok itu pada 5 Oktober.

Analis memperkirakan pengurangan produksi karena kekhawatiran permintaan terkait dengan kemungkinan perlambatan ekonomi global dan kenaikan suku bunga telah membebani harga minyak mentah.

Harga Brent dan WTI kemungkinan akan menyelesaikan kuartal ketiga dengan penurunan besar sebesar 23%.

Brent dan WTI masih siap untuk kenaikan mingguan sekitar 3%. Ini akan menjadi kenaikan mingguan pertama sejak Agustus dan mengikuti posisi terendah sembilan bulan yang dicapai awal pekan ini.

Harga minyak ditopang oleh penurunan dolar dari tertinggi 20 tahun di awal minggu. Greenback yang lebih lemah membuat minyak dalam denominasi dolar lebih murah bagi pembeli yang memegang mata uang lain, meningkatkan permintaan untuk komoditas tersebut.

Analis juga memperkirakan pembelian akan terangkat karena Rusia bersiap untuk mencaplok empat wilayah Ukraina ke Rusia pada hari Jumat dalam sebuah langkah yang dapat memaksa negara-negara Barat untuk memperkuat sanksi terhadap Moskow.

Negara-negara Uni Eropa mencapai kesepakatan awal tentang apa yang akan menjadi sanksi putaran kedelapan blok itu terhadap Rusia karena berperang melawan Ukraina, tiga sumber diplomatik mengatakan kepada Reuters, Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga minyak akan mencermati pergerakan dolar AS dan sentimen kenaikan suku bunga, yang jika menguat akan menekan harga minyak.