Komisi Eropa Tinggikan Proyeksi PDB Kawasan Euro Tahun 2023

539
euro eropa

(Vibiznews – Economy) – Komisi Eropa merevisi naik proyeksi pertumbuhan ekonomi kawasan Euro sepanjang tahun 2023.

Komisi Eropa mencatat bahwa ekonomi UE memasuki tahun 2023 dengan pijakan yang lebih baik daripada yang diproyeksikan pada musim gugur lalu.

Karenanya Komisi Eropa mengangkat prospek pertumbuhan tahun ini sebesar 0,6 pps menjadi 0,9% di kawasan Euro untuk menghindari resesi yang telah diperkirakan.

Prospek terangkat karena harga grosir gas telah turun jauh di bawah tingkat sebelum perang sementara pasar tenaga kerja terus berkinerja kuat.

Semua negara di Kawasan Euro akan tumbuh pada tahun 2023, dengan Jerman diperkirakan tumbuh 0,2%, Prancis 0,6%, dan Italia 0,8%.

Sementara itu, perkiraan inflasi telah direvisi sedikit menurun dibandingkan dengan musim gugur, terutama mencerminkan perkembangan di pasar energi.

Inflasi utama diperkirakan akan turun menjadi 5,6% pada tahun 2023 dari 8,4% pada tahun 2022 dan menjadi 2,5% pada tahun 2024.

Komisi menambahkan bahwa risiko terhadap pertumbuhan secara luas seimbang dan risiko terhadap inflasi sebagian besar tetap terkait dengan perkembangan di pasar energi.