Bursa Eropa Akhir Pekan Ditutup Naik; Hasil Bulan Maret Melonjak

579
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa ditutup lebih tinggi pada Jumat mencerna data ekonomi baru dan lebih banyak pendapatan perusahaan.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup 0,6% lebih tinggi setelah turun di awal sesi. Sektor perbankan turun 1,4%, sementara utilitas ditutup turun 0,3%. Minyak dan gas memimpin kenaikan, naik 1,9%. Untuk bulan ini, benchmark ditutup naik 1,87%.

Ekonomi zona Eropa tumbuh sebesar 0,1% pada kuartal pertama tahun ini, angka awal menunjukkan pada hari Jumat, bahkan ketika PDB Jerman datar selama periode tersebut. Jajak pendapat Reuters terhadap para ekonom memperkirakan pertumbuhan triwulanan sebesar 0,2%.

Di tempat lain, harapan sektor perbankan dihidupkan kembali oleh bank regional AS, First Republic yang sedang mencari strategi pemulihan setelah sahamnya anjlok karena berita kehilangan sekitar 40% simpanannya pada kuartal pertama.

Pada hari Jumat, laporan hasil bank Inggris NatWest menunjukkan peningkatan pendapatan tahunan sebesar 37,2% menjadi £1,036 miliar ($1,29 miliar), sementara margin bunga bersihnya naik 7 basis poin pada kuartal sebelumnya menjadi 3,27%. Namun, saham di bank turun sebanyak 3,7%.

Mercedes-Benz melaporkan penurunan pendapatan tahun-ke-tahun tetapi masih mengalahkan perkiraan. Perusahaan menaikkan prospek penjualannya untuk van dan mengatakan penjualan mobil akan berada di ujung atas panduan.

Saham A.S. sedikit lebih tinggi pada hari Jumat karena investor mempelajari hasil dari beberapa perusahaan terbesar di negara itu, termasuk Amazon dan Intel.

Di Asia-Pasifik, pasar ditutup lebih tinggi setelah Bank of Japan mempertahankan kebijakan moneternya tidak berubah. Hal itu diharapkan dalam pertemuan pertama yang dipimpin gubernur baru Kazuo Ueda.

Bank Nasional Swiss berjanji untuk meninjau peraturan perbankan selama rapat umum tahunannya di Bern.

Berlatar belakang protes atas tindakannya terhadap perubahan iklim dan perannya dalam penjualan darurat Credit Suisse ke saingan Swiss UBS, Thomas Jordan, ketua dewan pengurus di SNB, mengatakan peraturan dan pengawasan perbankan harus ditinjau kembali di terang peristiwa baru-baru ini.

Bank sentral memainkan peran kunci dalam menengahi penyelamatan Credit Suisse selama akhir pekan yang kacau di bulan Maret.

Saham Remy Cointreau anjlok lebih dari 10% setelah kelompok minuman keras tersebut mengatakan pihaknya memperkirakan penjualan akan “sangat menurun” dalam dua kuartal berikutnya karena kinerja tinggi tahun lalu dan permintaan yang lebih lemah di AS, meskipun perkiraan rebound setelah itu.

Pertumbuhan penjualannya dalam setahun penuh yang berakhir pada 31 Maret mengalahkan ekspektasi.

Sedangkan bank termasuk Caixabank, Unicredit, Commerzbank dan NatWest turun karena keseluruhan sektor turun 2%, meskipun beberapa bank – termasuk Natwest – mengalahkan perkiraan analis dalam hasil kuartalan mereka.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati sentimen kenaikan suku bunga The Fed dan ECB, yang dapat menjadi sentimen bearish bagi bursa Eropa.