Bursa Eropa Rabu Ditutup Naik; Saham Minyak dan Gas Turun Tajam

525
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Rabu menjelang keputusan kebijakan moneter terbaru Federal Reserve AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa berakhir naik 0,3%, sedikit memangkas kenaikan sebelumnya. Indeks patokan turun 1,2% kemarin ke level terendah dalam hampir sebulan, menurut data Reuters.

Indeks FTSE 100 Inggris ditutup naik 0,2%.
Indeks DAX Jerman berakhir naik 0.56%.
Indeks CAC 40 juga berakhir naik.

UniCredit naik hampir 4% setelah menghancurkan perkiraan analis dan menaikkan panduannya untuk tahun ini.

Sektor perbankan Eropa untuk sementara berakhir turun 0,5% di tengah berlanjutnya kegelisahan perbankan regional AS.

Investor juga mencerna hasil dari BNP Paribas, bank terbesar zona euro, yang mengakhiri sesi sekitar 1,5% lebih rendah setelah melaporkan keuntungan dua kali lipat pada kuartal pertama.

Lloyds Inggris tergelincir 3,4% setelah mengalahkan perkiraan laba tetapi memperingatkan melihat tanda-tanda awal stres di antara beberapa pelanggannya.

Saham minyak dan gas memperpanjang penurunan tajam pada hari Selasa karena harga minyak turun lebih jauh, turun lagi 0,8%.

Saham pertambangan, sementara itu, memimpin kenaikan, naik 1%.

Pasar Asia-Pasifik ditutup sebagian besar lebih rendah, sementara di Wall Street, saham sedikit lebih tinggi di awal perdagangan AS.

Sebagian besar ekonom yang disurvei oleh Reuters mengatakan mereka memperkirakan Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin.

Penyedia sumber daya pendidikan Inggris, Pearson menduduki Stoxx 600, raih keuntungan dalam perdagangan sore hari, naik 8,4%.

Hampir £ 1 miliar ($ 1,25 miliar) terhapus dari penilaian pasar Pearson pada hari Selasa, dengan harga sahamnya turun 15%, setelah CEO dari saingannya di AS, Chegg, memperingatkan dalam panggilan pendapatan bahwa alat AI ChatGPT memengaruhi tingkat pertumbuhan pelanggan barunya.

Saham Chegg anjlok 48% setelah komentar tersebut

BP, Shell dan Total Energi berada di antara perusahaan yang diperdagangkan lebih rendah saat minyak mentah Brent
berjangka turun 2,06% menjadi $73,78 per barel, dengan minyak mentah West Texas Intermediate turun 2,12% menjadi $70,14 per barel.

Stellantis turun 2,1% setelah membukukan hasil kuartal pertama
Pembuat mobil Stellantis membukukan annua 14%.

Perusahaan yang berkantor pusat di Belanda ini mencatat pendapatan bersih kuartal pertama sebesar 47,2 miliar euro ($52 miliar). Itu juga menegaskan kembali panduan setahun penuhnya; memprakarsai pembelian kembali saham senilai 1,5 miliar euro; dan mengonfirmasi dividen biasa sebesar 1,34 euro per saham akan dibayarkan kepada pemegang saham pada hari Kamis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa dapat bergerak naik seiring sentimen jeda kenaikan suku bunga AS. Namun juga akan mencermati keputusan suku bunga ECB, yang jika terealisir naik, akan dapat menekan bursa Eropa.