Harga Jagung Naik Pengiriman Ekspor Maret Naik

475
jagung

(Vibiznews – Commodity) – Harga jagung pada penutupan pasar hari Jumat naik . Laporan pengiriman ekspor bulan Maret meningkat dan juga mengikuti kenaikan dari harga minyak mentah.  

Harga jagung Juli naik 7.5 sen (1.27%) menjadi $5.9650 per bushel.  

Harga jagung mingguan naik 11.5 sen.  

Laporan penjualan ekspor mingguan pada hari Kamis sebesar 315,639 MT jagung dari persediaan lama dibatakan . Masih dalam range perkiraan dan pembatalan terbesar 563k MT oleh Cina. Sementara pembeli terbesar Jepang, Taiwan, Guatemala, Colombia dan Mexico .  

Ekspor jagung ke Cina dibatalkan sebesar 22 juta bushel dari minggu lalu. Inilah yang pertama net negatif dari penjualan ekspor mingguan di April. 

Dari persediaan baru jagung yang dipesan 120k MT dari Mexico. Total penjualan forward sebesar 2.54 MMT atau 49% dibawah volume tahun lalu. 

Laporan data Census bulanan sebesar 4.921 MMT dikirim di bulan Maret. Naik 50% dari bulan Februari tapi turun 34% dari tahun lalu di bulan yang sama. 

Total ekspor 873.7 mbu atau 42.1% dari perkiraan WASDE bulan April. Hanya 7% dari Maret 2023 volume jagung ke Cina dibanding 27% dari tahun lalu, 

Panen Brazil di Safrinha masih biasa walaupun kondisi cuaca membaik karena curah hujan sudah tepat. Kekeringan berakhir pada akhir musim pertumbuhan sedangkan diawal pertumbuhan masa pembekuan masih mempengaruhi perkiraan hasil panen. 

Panen Jagung Argentina 

Perkiraan hasil panen jagung Argentina akan turun di bawah 36 juta ton akibat pengaruh dari kekeringan, menurut laporan bursa pada laporan mingguan hari Kamis.  

Laporan hasil panen mingguan the Buenos Aires Grain Exchange (BDEC) hasil panen terendah yang tidak diperkirakan di awal  panen  di Cordoba provinsi pertanian terbesar dan diperingatkan kembali bahwa panen diperkirakan akan turun di 2022/23. 

Jika tren terus turun akan mempengaruhi perkiraan. Pada awal panen bursa berjangka memperkirakan hasil panen jagung 50 juta ton.  

Panen jagung yang sudah selesai 20% dibanding dengan 36% panen kedelai yang sudah selesai. Pada awal tahun lalu dan berlanjut sampai bulan pertama tahun ini, kekeringan berlangsung di daerah pertanian yang produktif, menurut data dari Pemerintah, kekeringan dari Mei tahun lalu sampai awal Maret terburuk.   

Ekspor biji-bijian Ukraina di 2022/23 sebesar 42.5 juta ton termasuk 25.1 juta ton jagung menurut Kementerian pertanian. 

Analisa tehnikal untuk jagung dengan support pertama $5.80 dan berikut $5.69. Resistant pertama $5.97 dan berikut ke $6.12. 

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting 

https://www.vibiznews.com/2023/04/14/review-maret-harga-jagung-kedelai-gandum/