Harga Minyak Senin Naik Terdukung Pengetatan Pasokan OPEC+

2130

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik pada hari Senin terpicu sentimen bullish tentang pengetatan pasokan dari pemotongan OPEC+ dan dimulainya kembali pembelian AS untuk cadangan melebihi kekhawatiran tentang permintaan bahan bakar di konsumen minyak global teratas, Amerika Serikat dan China.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS melonjak naik $1,34 atau 1,93% berada di $71,35 per barel.

Minyak mentah berjangka Brent naik $1,35 atau 1,82% menjadi $75,52 per barel,

Pekan lalu, kedua tolok ukur turun untuk minggu keempat berturut-turut, penurunan mingguan terpanjang sejak September 2022, karena kekhawatiran ekonomi Amerika Serikat.

Namun, pasokan minyak mentah global dapat ketat di paruh kedua karena kelompok OPEC+, Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, termasuk Rusia, melakukan pengurangan produksi tambahan yang mengurangi volume minyak mentah.

Kelompok tersebut mengumumkan pada bulan April bahwa beberapa anggota akan memangkas produksi lebih lanjut sekitar 1,16 juta barel per hari, sehingga total volume pemotongan menjadi 3,66 juta barel per hari, menurut perhitungan Reuters.

Namun, Irak memperkirakan OPEC+ tidak akan melakukan pemotongan produksi minyak lebih lanjut pada pertemuan berikutnya pada 4 Juni, kata menteri perminyakannya, Hayan Abdel-Ghani.

Sementara itu, aliran minyak mentah Irak utara ke pelabuhan Ceyhan Turki belum dilanjutkan menyusul permintaan Baghdad untuk memulai kembali pekan lalu, kata sumber industri pada Senin, membantu menjaga pasokan global tetap ketat.

AS dapat mulai membeli kembali minyak untuk Cadangan Minyak Strategis (SPR) setelah menyelesaikan penjualan yang diamanatkan kongres pada bulan Juni, kata Menteri Energi Jennifer Granholm kepada anggota parlemen pada hari Kamis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga minyak dapat bergerak naik dengan pengetatan pasokan OPEC+ dan pelemahan dolar AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $71,86-$72,92. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support $70,86-$70,00.