Indeks Dolar AS Senin Turun Dari Level Tertinggi 5 Minggu

359
dolar kuat

(Vibiznews – Forex) Dolar AS turun sedikit dari level tertinggi lima minggu pada hari Senin setelah peningkatan permintaan safe haven dolar AS.

Mata uang euro naik 0,24% terhadap dolar pada hari Senin di $1,0874, rebound setelah jatuh 1,54% pada minggu sebelumnya.

Itu membuat indeks dolar, yang mengukur dolar AS terhadap enam mata uang utama, turun 0,21% menjadi 102,47. Itu tepat di bawah tertinggi lima minggu di 102,75 yang disentuh di awal sesi.

Banyak faktor yang mungkin berada di balik penguatan dolar baru-baru ini, termasuk kekhawatiran tentang inflasi AS, dan kekhawatiran tentang kebuntuan plafon utang dan pertumbuhan ekonomi global yang mendorong pembelian safe-haven.

Imbal hasil AS naik pada hari Jumat dan Senin setelah survei Universitas Michigan tentang ekspektasi inflasi jangka panjang konsumen melonjak ke level tertinggi sejak 2011. Hal itu membuat kemungkinan kenaikan suku bunga Fed bulan depan kembali berperan, dengan pedagang meletakkan peluang tersebut di 11,5%

Dolar AS naik 0,26% terhadap yen Jepang di 136,10, setelah naik 0,67% minggu lalu.

Poundsterling bergerak 0,46% lebih tinggi pada $1,2506, rebound setelah penurunan 1,45% minggu lalu.

Pedagang memperkirakan Fed untuk memangkas suku bunga tajam pada akhir tahun karena pertumbuhan AS melambat. Tapi analis mengatakan pemotongan besar tidak mungkin terjadi, dan dolar bisa naik karena para pedagang berubah pikiran.

Analis lain mengatakan kekhawatiran investor tentang kebuntuan plafon utang menyebabkan mereka membeli dolar safe-haven, menjelang pertemuan penting antara Presiden Joe Biden dan para pemimpin kongres pada hari Selasa.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks dolar AS akan mencermati pernyataan pejabat The Fed, yang jika memberikan sinyal dovish untuk kenaikan suku bunga AS, akan menguatkan indeks dolar AS. Indeks dolar AS diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Resistance 102.93-103.13. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support 102.07-101.57