Imbal Hasil Treasury AS Senin Naik Menjelang Rilis Data Inflasi AS

324

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS 10-tahun naik pada hari Senin karena investor menunggu data ekonomi utama yang dirilis minggu ini yang dapat memberikan petunjuk tambahan tentang prospek suku bunga.

Imbal hasil Treasury 10-tahun naik sekitar empat basis poin menjadi 4,294%.
Imnal hasil Treasury 2-tahun terakhir 1 basis poin lebih tinggi pada 4,997%.

Hasil dan harga bergerak berlawanan arah dan satu basis poin sama dengan 0,01%.

The Wall Street Journal melaporkan pada hari Minggu bahwa ada konsensus di Federal Reserve untuk mempertahankan suku bunga ketika bank sentral bertemu minggu depan. Kontrak berjangka Fed menempatkan peluang The Fed untuk tetap bertahan pada 20 September sebesar 93% setelah laporan tersebut, menurut alat CME FedWatch.

Investor bersiap menyambut rilis data inflasi bulan Agustus, dengan indeks harga konsumen dan indeks harga produsen masing-masing dijadwalkan pada hari Rabu dan Kamis.

Angka-angka tersebut kemungkinan besar akan menginformasikan langkah kebijakan moneter Federal Reserve selanjutnya. Dalam beberapa minggu terakhir, beberapa pejabat bank sentral telah mengindikasikan bahwa data ekonomi akan sangat penting dalam keputusan suku bunga The Fed mendatang.

Hal ini terjadi karena kekhawatiran mengenai kemungkinan kenaikan suku bunga masih tumbuh di kalangan investor dalam beberapa minggu terakhir setelah serangkaian data yang kuat dan harga energi yang lebih tinggi, yang oleh sebagian investor dianggap sebagai tanda berlanjutnya tekanan inflasi. Oleh karena itu, data inflasi minggu ini dapat menambah atau menenangkan kekhawatiran tersebut.

Data penjualan ritel juga akan dipublikasikan pada hari Kamis, diikuti oleh laporan sentimen konsumen Universitas Michigan pada hari Jumat. Tidak ada data penting yang akan dirilis pada hari Senin.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, imbal hasil Treasury AS akan mencermati data ekonomi dan sentimen kenaikan suku bunga AS, yang jika memberikan pengaruh positif, akan menaikkan imbal hasil Treasury AS.