Harga Minyak Kamis Melonjak; WTI Melewati $90

388

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak melonjak pada hari Kamis, dengan minyak mentah AS mencapai $90 per barel, seiring meningkatnya ekspektasi pasokan yang lebih ketat.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) naik 1,6% mencapai level tertinggi $90,04 per barel, menyentuh level tertinggi sejak November 2022.

Minyak mentah berjangka Brent naik 1,7%, menjadi $93,47, mencapai level tertinggi 10 bulan.

Arab Saudi dan Rusia telah memperpanjang pengurangan produksi minyak mereka hingga akhir tahun 2023, dan tindakan tersebut dapat mengakibatkan defisit pasar yang besar hingga sisa tahun 2023, Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan pada hari Rabu.

“Mulai bulan September dan seterusnya, hilangnya produksi OPEC+… akan menyebabkan kekurangan pasokan yang signifikan hingga kuartal keempat,” kata badan tersebut dalam laporan bulanannya.

Meningkatnya harga minyak mentah dapat berarti harga bensin yang lebih tinggi pada saat perekonomian sedang mencoba untuk pulih dan memecahkan masalah inflasi. Inflasi, yang diukur dengan Indeks Harga Konsumen, mencatat kenaikan bulanan terbesar tahun ini pada bulan Agustus karena harga energi memberikan banyak keuntungan, naik sebesar 5,6%, peningkatan yang mencakup kenaikan bensin sebesar 10,6%.

Minyak mentah WTI naik hampir 3% minggu ini, menuju kenaikan mingguan ketiga berturut-turut. Harganya naik sekitar 13% tahun ini.

Awal pekan ini, OPEC mengeluarkan perkiraan terbaru mengenai permintaan yang kuat dan juga menunjukkan defisit pasokan pada tahun 2023 jika pengurangan produksi terus berlanjut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga minyak akan bergerak naik dengan terjadinya pengetatan pasokan. Namun perlu dicermati aksi profit taking setelah harga meningkat, juga rilis data ekonomi AS yang jika terealisir turun akan memberikan sentimen penurunan permintaan yang dapat menekan harga minyak. Harga minyak WTI diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $90,16-$90,61. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support $89,83-$89,33.