Kospi Melompat ke Tertinggi Sebulan Lebih, di-Support Lonjakan Saham LG Chem

522
kospi

(Vibiznews – Indeks) – Perdagangan bursa saham Korea Selatan kembali ditutup dengan keuntungan pada hari Jumat (15/9) imbas gain yang dicetak Wall Street.

Indeks Kospi ditutup melompat ke posisi tertinggi dalam sebulan lebih yang disupport oleh kekuatan 643 saham, meski 237 saham masih alami kerugian.

Sentimen investor didorong oleh rilis data ekonomi Tiongkok yang lebih baik dari perkiraan serta rilis data inflasi AS terbaru yang meredakan pandangan hawkish suku bunga The Fed.

Juga diperkuat rilis data defisit fiskal Korea Selatan pada periode Januari-Juli mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Indeks Kospi ditutup melonjak  1,10% pada 2,601.28 dengan gain mingguan naik 2,01%. Untuk indeks Kospi 200 berjangka ditutup menguat 2,55% ke posisi 344.98.

Kospi diperkuat oleh lonjakan saham LG Chem naik hampir 4% setelah menjalin kemitraan dengan anak  usaha konglomerat energi Italia Eni S.p.A. untuk melihat kelayakan pembangunan biorefinery di negara Asia Timur.

Saham kapital besar lain yang melonjak dukung Kospi seperti KB Financial Group melonjak 2,14%, Shinhan Financial Group menguat 3,68%, Hana Financial Group melonjak 4,44% dan LG Electronics naik 2,97%.