Rekomendasi GBP/USD 27 September 2023: Turun karena Kuatnya USD & Keengganan Resiko

352
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) Pada jam perdagangan sesi Asia hari Rabu pagi, GBP/USD tetap diperdagangkan pada posisi di bawah menghadapi dolar AS, turun di bawah level psikologis 1.2200 di sekitar 1.2146, setelah sebelumnya sempat naik mencapai 1.2215, dengan para penjual siap menjual pada angka 1.2200.

Arus safe-haven terus mendominasi pergerakan di pasar keuangan pada awal hari Selasa setelah Evergrande Grup Cina dilaporkan gagal membayar satu hutang obligasi “onshore”. Selain itu, naiknya yields obligasi treasury AS mendukung dolar AS dan memaksa GBP/USD terus turun.

Walaupun indeks saham FTSE 100 Inggris dibuka mendatar pada hari Selasa, indeks saham berjangka AS diperdagangkan di teritori negatip pada jam perdagangan sesi Eropa. Apabila bursa saham AS, Wall Street, dibuka dengan penurunan, dolar AS akan tetap tangguh menghadapi rival – rivalnya.

Bursa saham AS, Wall Street, mengakhiri sesi dengan kerugian karena keengganan terhadap resiko terus mendominasi narasi dari pasar keuangan. Para trader yang berpegang kepada mantera Federal Reserve bahwa tingkat bunga akan lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama, telah membuat dolar AS tetap kuat karena tingginya yields obligasi AS.

Pasangan matauang GBP/USD terus melemah dengan Consumer Price Index (CPI) Inggris dan kebijakan tingkat bunga yang restriktif dari Bank of England (BoE) terus membebani rumah tangga Inggris. Selain itu Poundsterling juga tertekan oleh data Purchasing Manager Index (PMI) jasa Inggris yang tetap berada di bawah batas 50.0 untuk bulan kedua pada bulan September sebagaimana dengan yang dilaporkan di dalam laporan pendahulan PMI oleh S&P Global.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.2140 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2100  dan kemudian 1.2050. “Resistance” terdekat menunggu di 1.2190 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2222 dan kemudian 1.22500. 

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting.

Editor: Asido.