Rekomendasi Minyak 4 Oktober 2023: Berhasil Bangkit ke Atas $88.50

241

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada jam perdagangan sesi Asia hari Selasa tetap  berada di bawah tekanan turun diperdagangkan di sekitar $87.70, turun sekitar 1.0%,

Namun pada jam perdagangan sesi AS hari Selasa minyak mentah WTI berhasil bangkit, naik dan diperdagangkan di sekitar $88.70.

Pengumuman Turki bahwa negeri itu akan melanjutkan kembali operasi dari pipa di Irak, setelah dihentikan selama sekitar enam bulan, menambah tekanan turun lebih jauh terhadap harga minyak mentah.

Sementara itu, OPEC+ diperkirakan akan tetap mempertahankan tingkat produksinya sekarang sebagaimana dengan yang telah diputuskan sebelumnya, pada saat mereka berkonvensi pada hari Rabu.

Keputusan ini diperkirakan akan membuat supply minyak mentah tetap ketat, yang berpengaruh terhadap keseimbangan supply dan demand di pasar minyak mentah secara keseluruhan.

Pertemuan OPEC+ pada hari Rabu akan dimonitor ketat oleh para partisipan pasar dengan keputusan mereka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga minyak mentah dan landskap energi global.

Terus menguatnya dolar AS juga menambah tekanan turun terhadap harga minyak mentah. Indeks dolar AS sempat naik ke ketinggian dalam 11 bulan diperdagangkan di sekitar 107.10 sebelum akhirnya terkoreksi sedikit ke 106.809.

Naiknya indeks dolar AS disebabkan karena naiknya yield treasury AS. Yield treasury AS benchmark 10 tahun naik ke atas level tertinggi yang pernah dicapai pada tahun 2007 setelah Amerika Serikat terhindar dari penutupan kegiatan administrasi pemerintahan secara parsial.

Selain itu arah dari kebijakan tingkat suku bunga dari Federal Reserve AS juga memberikan sentimen yang positip terhadap dolar AS dengan para investor menjadi berhati-hati. Gubernur Federal Reserve Michele Bowman menyatakan pendapatnya pada hari Senin bahwa kelihatannya pantas untuk menaikkan lebih lanjut tingkat bunga the Fed dan mempertahankan level yang restriktif untuk periode yang lebih lama.

Data makro ekonomi AS yang keluar juga mendukung naiknya indeks dolar AS. PMI manufaktur AS bulan September yang dikeluarkan oleh ISM membaik ke 49.0 dari angka sebelumnya di 47.6 dan juga di atas daripada yang diperkirakan di 47.7.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $88.20 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $87.88 dan kemudian $86.26. “Resistance” yang terdekat menunggu di $89.91 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $90.33 dan kemudian $91.20.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting.

Editor: Asido.