Bursa Hong Kong Rabu Berakhir Merosot Terendah Sebulan

408

(Vibiznews – Index) Bursa saham Hong Kong berakhir merosot pada hari Rabu, memperpanjang momentum penurunannya untuk sesi keempat sekaligus mencatat level terendah dalam sebulan, tertekan oleh anjloknya lebih dari 12% saham Meituan setelah raksasa pengiriman makanan tersebut mengeluarkan peringatan pertumbuhan.

Indeks Hang Seng merosot 360,70 poin atau 2,08% menjadi ditutup pada 16,993.45.

Sementara itu, Grup Alibaba tenggelam 2,2% menyusul memo internal dari miliarder Jack Ma yang mendesak perusahaan tersebut untuk melakukan perubahan mendasar.

Pedagang terus mengambil pendekatan hati-hati menjelang data PMI bulan November di Tiongkok pada hari Kamis dan Jumat setelah aktivitas pabrik menyusut di bulan Oktober sementara pertumbuhan sektor jasa semakin menurun.

Kenaikan moderat dalam kontrak berjangka AS membatasi dorongan bearish, dengan komentar dari anggota dewan Fed Waller menyiratkan bahwa Fed bisa saja menaikkan suku bunganya sementara rekannya Michelle Bowman menahan diri untuk tidak menyampaikan pesan mengenai kenaikan suku bunga dalam waktu dekat.

Penggerak terbawah lainnya pada hari itu adalah Galaxy Ent. (-5.0%), China Resources Land (-4.9%), Li Auto (-3.9%), dan Nongfu Spring (-3.4%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Hong Kong akan mencermati data NBS Manufacturing dan Non Manufacturing PMI November China, yang jika terealisir naik, akan menguatkan bursa Hong Kong.