Pertumbuhan Ekonomi AS Kuartal Ketiga Naik Melebihi Perkiraan Didukung Investasi Bisnis dan Belanja Pemerintah

323
wall street

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan ekonomi AS kuartel ketiga tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya terdukung investasi bisnis yang lebih baik dari perkiraan dan belanja pemerintah yang lebih kuat, demikian rilis Departemen Perdagangan AS pada hari Rabu.

Produk domestik bruto, yang mengukur semua barang dan jasa yang diproduksi selama periode tiga bulan, meningkat pada laju tahunan sebesar 5,2%, menurut perkiraan kedua departemen tersebut. Angka tersebut melampaui angka awal sebesar 4,9% dan lebih baik dari perkiraan 5% dari para ekonom yang disurvei oleh Dow Jones.

Revisi ke atas terutama berasal dari peningkatan investasi tetap non-perumahan, yang mencakup peralatan struktur dan kekayaan intelektual. Kategori tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 1,3%, yang masih menunjukkan penurunan tajam dibandingkan triwulan sebelumnya.

Kenaikan PDB juga terbantu Belanja pemerintah yang naik 5,5% untuk periode Juli hingga September.

Namun, belanja konsumen mengalami revisi ke bawah, kini hanya meningkat 3,6%, dibandingkan dengan 4% pada perkiraan awal.

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi, ukuran yang diikuti oleh Federal Reserve, meningkat 2,8% pada periode tersebut, revisi turun 0,1 poin persentase.

Laba perusahaan meningkat 4,3% pada periode tersebut, naik tajam dari kenaikan 0,8% pada kuartal kedua.