Rekomendasi Emas 30 November 2023: Bertengger di Sekitar $2,042 Setelah Data AS

1015
gold harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga emas berusaha mempertahankan sebagian besar dari keuntungan baru – baru ini dan bergerak di sekitar $2,042 per troy ons. Data yang baru keluar menunjukkan bahwa tekanan inflasi di AS dan Jerman menurun sementara pertumbuhan ekonomi AS kuartal ketiga direvisi naik.

Bureau of Economic Analysis AS mengatakan angka kedua dari Gross Domestic Product (GDP) AS kuartal ketiga menunjukkan bahwa perekonomian AS bertumbuh 5.2% antara bulan Juli sampai dengan bulan September, naik dari perkiraan sebelumnya sebesar 4.9%.

Jerman mempublikasikan angka inflasi bulan Nopember, Harmonized Index of Consumer Prices (HICP), yang lebih rendah daripada yang diperkirakan. Angka inflasi tahunan keluar di 2.3%, dibawah daripada yang diperkirakan di 2.7% dan melemah dari angka sebelumnya di 3%.

Harga emas berusaha mengkapitalisir keuntungan intraday yang sempat dicapai di area $2,052 dan turun dari ketinggian dekat tujuh bulan yang dicapai sebelumnya pada hari Rabu. Naiknya dolar AS dari level terendah yang dicapai sejak tanggal 11 Agustus, bersamaan dengan sentimen yang positip terhadap resiko, menjadi faktor kunci dibalik tekanan turun yang melanda emas.

Namun komoditi emas berhasil bertahan di teritori positip untuk hari ke lima berturut-turut dan kelihatannya tetap mengarah naik karena ekspektasi bahwa Federal Reserve AS (the Fed) telah selesai dengan kebijakan menaikkan tingkat bunganya.

Pernyataan yang kurang hawkish dari beberapa pejabat the Fed baru – baru ini meneguhkan pertaruhan pasar bahwa bank sentral AS kemungkinan akan mulai melonggarkan kebijakan moneternya secepatnya pada bulan Maret 2024.

Terlepas dari hal ini, lelang obligasi pemerintah AS yang berkelimpahan pada hari Selasa telah menyeret yield obligasi pemerintah benchmark 10 tahun turun ke level terendah sejak bulan September. Hal ini kemungkinan bisa menahan kenaikan dolar AS lebih lanjut sehingga mendukung kenaikan harga emas.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $2,035 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,020 dan kemudian $2,009.

“Resistance” terdekat menunggu di $2,052 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,081 dan kemudian $2,100.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.