Rekomendasi Minyak 30 November 2023: Berhasil Naik ke Atas $77.00 Jelang Pertemuan OPEC

364
harga minyak mentah

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex, pada jam perdagangan sesi AS hari Rabu berhasil naik ke atas $77.00 diperdagangkan di sekitar $77.50.

Pulihnya harga minyak mentah WTI didorong oleh kemungkinan OPEC+ akan memangkas produksi minyak mentah lebih lanjut dan juga disebabkan oleh melemahnya dolar AS.

Organization of the Petroleum Exporting Countries dan sekutunya (OPEC+) akan bertemu pada hari Kamis untuk mendiskusikan pemangkasan supply minyak mentah dunia. Arab Saudi, eksportir utama dunia, diperkirakan akan melanjutkan pemangkasan supply minyak mentah sebanyak 1 juta barel per hari sampai tahun depan.

Sementara, Rusia kemungkinan akan mempertimbangkan pemangkasan supply minyak mentah sebanyak 300.000 barel per hari. Jika OPEC+ sepakat untuk melanjutkan atau memperdalam pemangkasan supply minyak mentah, hal ini akan membatasi penurunan dari harga minyak mentah.

Selain itu, para trader kuatir mengenai disrupsi supply dari Kazakhstan. Badai yang besar di area Laut Hitam telah menginterupsi ekspor minyak dari Kazakhstan dan Rusia sampai 2 juta barel per hari.

Di sisi lain, sempat melemahnya dolar AS juga menambah dorongan naik terhadap harga minyak mentah. Pada hari Selasa sampai hari Rabu pagi, dolar AS memperpanjang kecenderungan bearish-nya, sebelum akhirnya berhasil bangkit pada hari Rabu malam.

Indeks dolar AS sempat melanjutkan penurunannya diperdagangkan di bawah kerendahan tiga bulan yang dicapai pada minggu lalu turun 0.12% ke 102.535 pada hari Selasa sampai hari Rabu pagi, dengan pasar masih didominasi oleh minat terhadap resiko, sebelum akhirnya berhasil naik ke 102.832 pada jam perdagangan AS hari Rabu malam.

Penurunan indeks dolar AS dilatarbelakangi oleh meningkatnya spekulasi bahwa Federal Reserve AS (the Fed) akan mengurangi tingkat bunga pada musim semi 2024. Sementara itu pandangan ini didukung oleh tekanan disinflasi yang berkelanjutan dan terus melemahnya pasar tenaga kerja.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $76.06 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $75.05 dan kemudian $74.04. “Resistance” yang terdekat menunggu di $78.29 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $79.75 dan kemudian $80.50.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.