Imbal Hasil Treasury AS Akhir Pekan Merosot Setelah Komentar Ketua The Fed

422

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS turun pada hari Jumat setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengabaikan ekspektasi pasar akan penurunan suku bunga agresif di masa depan.

Imbal hasil Treasury AS 10 tahun turun lebih dari 14 basis poin menjadi 4,209%, sedangkan imbal hasil Treasury AS 2 tahun lebih rendah 16 basis poin menjadi 4,551%.

Powell mengatakan bank sentral berencana untuk menjaga kebijakan tetap ketat sampai para pengambil kebijakan yakin bahwa inflasi terkendali.

“Masih terlalu dini untuk menyimpulkan dengan keyakinan bahwa kita telah mencapai sikap yang cukup membatasi, atau berspekulasi mengenai kapan kebijakan akan dilonggarkan,” kata Powell dalam pidatonya di depan audiensi di Spelman College di Atlanta. “Kami siap untuk memperketat kebijakan lebih lanjut jika diperlukan.”

Imbal hasil Treasury anjlok pada bulan November karena para pedagang semakin percaya bahwa The Fed telah selesai menaikkan suku bunga dan mungkin akan mulai menurunkan suku bunga pada semester pertama tahun depan.

The Fed selanjutnya akan memutuskan tingkat suku bunganya pada tanggal 13 Desember. Hari Jumat adalah hari terakhir sebelum periode blackout, dimana para pejabat bank sentral tidak dapat berbicara secara terbuka, sebelum pertemuan berikutnya. Sementara itu, beberapa data penting akan dirilis sebelum keputusan kebijakan diambil, termasuk laporan pekerjaan bulan November dan pembacaan indeks harga konsumen.

Pasar memperkirakan sekitar 98% kemungkinan suku bunga tidak akan berubah pada bulan Desember, menurut alat FedWatch CME Group.

Investor mencerna data inflasi yang dirilis Kamis dalam bentuk indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi untuk bulan Oktober, yang sesuai dengan ekspektasi. Indeks PCE inti, yang tidak termasuk harga pangan dan energi, mencerminkan kenaikan sebesar 3,5% pada basis tahunan. Hal ini juga menandai perlambatan dari angka sebelumnya untuk bulan September, yaitu sebesar 3,7%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya di awal pekan, imbal hasil Treasury AS dapat bergerak turun dengan sentimen The Fed telah selesai menaikkan suku bunga dan perkiraan The Fed akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada pertemuan bulan Desember.