Bursa Jepang Rabu Ditutup Naik Terbantu Kenaikan Saham Teknologi AS

348
nikkei

(Vibiznews – Index) Bursa saham Jepang berakhir melonjak pada hari Rabu, rebound tajam dari posisi terendah tiga minggu dan mengikuti kenaikan saham-saham teknologi AS di bursa Wall Street semalam.

Indeks Nikkei 225 melonjak 2,04% menjadi ditutup pada 33.446, sedangkan Indeks Topix yang lebih luas naik 1,9% menjadi 2.387.

Investor juga menilai data yang menunjukkan sentimen produsen di Jepang meningkat tajam pada bulan Desember karena sektor otomotif terus pulih dari kekurangan semikonduktor dan permasalahan rantai pasokan pada tahun lalu.

Saham teknologi memimpin kenaikan pasar, dengan keuntungan dari Tokyo Electron (2,2%), Sakura Internet (12,1%), Advantest (3%), Lasertec (5,4%), Keyence (2,5%) dan Disco Corp (3,3%).

Indeks kapital besar lainnya juga membukukan kenaikan yang kuat, termasuk Toyota Motor (2,7%), Sony Group (4%), Tokyo Electric Power (8,1%), Fast Retailing (2%) dan Shin-Etsu Chemical (3,2%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Jepang akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street, yang jika ditutup naik, akan memberikan sentimen positif bagi bursa Jepang. Namun sebaliknya, jika ditutup turun, akan dapat menekan bursa Jepang.