Harga Emas Rabu Sesi Asia Bergerak Naik Menantikan Rilis Data Tenaga Kerja AS

363
harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga emas bergerak naik pada perdagangan sesi Asia pada hari Rabu setelah turun selama dua sesi berturut-turut, setelah dolar AS bergerak datar karena kehati-hatian menunggu laporan pekerjaan minggu ini yang dapat memberikan petunjuk mengenai jalur kebijakan moneter Federal Reserve selanjutnya.

Harga emas spot terpantau bergerak naik 0,20% pada $2.023,28.
Sementara itu harga emas berjangka AS terpantau bergerak naik 0,22% pada $2.040,80.

Pekan lalu, Ketua Fed Jerome Powell mengatakan bahwa pengaturan moneter saat ini berada dalam wilayah yang membatasi, namun memperingatkan bahwa hal ini “prematur” untuk mengantisipasi pelonggaran kebijakan.

Sementara itu, anggota dewan Bank Sentral Eropa Isabel Schnabel mengatakan bank sentral dapat mengambil keputusan untuk tidak menaikkan suku bunga lebih lanjut mengingat penurunan inflasi yang terjadi.

Moody menurunkan prospek Tiongkok dari “stabil” menjadi “negatif, dengan alasan meningkatnya risiko terkait dengan rendahnya pertumbuhan ekonomi jangka menengah yang berkelanjutan dan perampingan sektor properti yang sedang berlangsung.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga emas dapat bergerak naik dengan pergerakan dolar AS yang datar dan hati-hati menjelang rilis data tenaga kerja AS. Jika malam nanti data ADP Employment Change November AS terealisir naik, akan dapat menguatkan dolar AS dan menekan harga emas. Harga emas spot diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $2.035-$2.051. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support $2.008-$1.996.