Indeks Hang Seng Kamis Ditutup Turun Terendah 13 Bulan Tertekan Penurunan Impor China

399

(Vibiznews – Index) Bursa Hong Kong berakhir turun pada hari Kamis, dengan penurunan semua sektor tertekan kekhawatiran perlambatan ekonomi China setelah data perdagangan pada bulan November menunjukkan penurunan impor yang tidak terduga sementara ekspor naik tipis dari titik terendah tahun lalu.

Indeks Hang Seng tergelincir 117,37 poin atau 0,71% dan berakhir pada level terendah dalam 13 bulan di 16.345.89.

Investor juga merasa khawatir mengenai beban utang yang dihadapi Beijing menyusul tindakan Moody’s Investors Service yang mengurangi pandangannya terhadap delapan bank China, hanya sehari setelah memangkas prospek obligasi negara negara tersebut.

Namun, indeks tersebut mengurangi penurunan tajamnya setelah Presiden China Xi Jinping mengatakan kepada para pemimpin UE bahwa Beijing ingin kedua belah pihak menjadi mitra dagang utama.

Hansoh Pharmaceutical anjlok 4,9%, diikuti oleh CSPC Pharmaceutical (-4,2%), Akeso Inc. (-3,9%), dan Kunlun Energy Co.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Hong Kong akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street, yang jika ditutup naik, akan memberikan sentimen positif bagi bursa Hong Kong. Namun jika ditutup turun, akan menekan bursa Hong Kong.