Rekomendasi Minyak 8 December 2023: Terus Tertekan di Bawah $70.00

441
oilminyakWTI
Photo Vibizmedia

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex, pada jam perdagangan sesi AS hari Kamis terus tertekan turun, tetap diperdagangkan di bawah $70.00 di sekitar $69.80 per barel.

Penurunan harga minyak mentah lebih dari 3% ke bawah $70.00 terjadi setelah muncul laporan inventori minyak mentah AS yang memprihatinkan para partisipan pasar minyak mentah dengan kenaikan jumlah inventori yang solid.

Energy Information Administration (EIA) AS mempublikasikan bahwa stok gasoline AS naik sebanyak 5.4 juta barel pada minggu lalu, lima kali penurunan 1 juta barel yang diperkirakan oleh pasar.

Sementara itu, dari data minyak mentah, menurut American Petroleum Institute (API), inventori minyak mentah AS bertambah sebanyak 594 barel untuk minggu yang berakhir pada tanggal 1 Desember dari angka sebelumnya penurunan sebanyak 817.000. Konsensus pasar memperkirakan penurunan sebanyak 2.267.000 barel.

Selain itu, penurunan harga minyak mentah disebabkan juga keprihatinan pasar dari sisi permintaan. Sumber-sumber yang dikutip oleh Reuters mengatakan bahwa permintaan akan minyak mentah ke depannya akan berkurang. Sementara pasar sekarang lebih fokus kepada berkurangnya permintaan daripada pengurangan persediaan.

Harga minyak mentah terus tertekan dengan meningkatnya keprihatinan akan pemulihan ekonomi Cina setelah agen peringkat Moody menurunkan tingkat dari Cina.

Pada awal hari Rabu, Moody menurunkan tingkat kredit “sovereign” Cina dari stabil ke negatip. Agen tingkat kredit ini menyebutkan naiknya resiko dari pertumbuhan dan krisis sektor properti di Cina.

Perkembangan ini memberikan peringatan kepada para peminjam uang bahwa resiko tidak bisa dibayar telah meningkat tahun – tahun belakangan ini. Outlook ekonomi di Cina yang pesimistik ini membebani harga minyak mentah dengan Cina adalah konsumen minyak mentah terbesar di dunia.

Keprihatinan mengenai efektifitas pemangkasan supply dari OPEC+ disertai kekuatiran mengenai memburuknya outlook permintaan minyak mentah dari Cina memberikan tekanan jual terhadap minyak mentah.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $69.02 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $68.21 dan kemudian $67.50. “Resistance” yang terdekat menunggu di $70.64 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $71.45 dan kemudian $72.50.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.