Bursa Wall Street Kamis Berakhir Naik Terdukung Penguatan Saham Teknologi

364

(Vibiznews – Index) Bursa saham AS pada hari Kamis ditutup naik, dengan Nasdaq 100 naik ke level tertinggi dalam 1 minggu terdorong optimisme seputar kecerdasan buatan (AI) mendorong saham-saham teknologi dan membawa pasar lebih tinggi. Kenaikan juga didukung klaim mingguan pengangguran AS mendekati ekspektasi, meskipun klaim lanjutan turun lebih besar dari perkiraan, menunjukkan bahwa pekerja yang di-PHK mulai mendapatkan pekerjaan.

Indeks S&P 500 ditutup naik +0,80%, Indeks Dow Jones Industrials ditutup naik +0,17%, dan Indeks Nasdaq 100 ditutup naik +1,48%.

Sentimen positif untuk saham, Advanced Micro Devices ditutup naik lebih dari +9% setelah meluncurkan chip akselerator MI300 barunya, dengan mengatakan bahwa prosesor tersebut dapat menjalankan perangkat lunak AI lebih cepat dibandingkan produk pesaingnya. Selain itu, Alphabet ditutup naik lebih dari +5% setelah Google merilis Gemini, “model AI terbesar dan paling mumpuni” yang pernah dibuat oleh perusahaan. Selain itu, reli saham bank regional pada hari Kamis memberikan dorongan pada pasar secara keseluruhan.

Di sisi negatifnya, C3.ai ditutup turun lebih dari -11% setelah melaporkan pendapatan Q2 di bawah konsensus dan memperkirakan pendapatan tahun 2024 di bawah konsensus. Selain itu, Veeva Systems ditutup turun lebih dari -2% setelah memperkirakan pendapatan Q4 di bawah konsensus. Selain itu, PayPal Holdings ditutup turun lebih dari -1% setelah Amazon.com memberi tahu pengguna Prime bahwa mereka berencana menghentikan sistem pembayaran seluler PayPal Venmo sebagai opsi pembayaran, mulai 10 Januari 2024.

Klaim pengangguran awal mingguan AS naik +1.000 menjadi 220.000, sesuai ekspektasi. Klaim lanjutan mingguan turun -64.000 menjadi 1,861 juta, menunjukkan pasar tenaga kerja yang lebih kuat dibandingkan ekspektasi sebesar 1,910 juta.

Penjualan perdagangan grosir AS pada bulan Oktober secara tak terduga turun -1,3% bulan/bulan, lebih lemah dari ekspektasi +1,0% bulan/bulan dan merupakan penurunan terbesar dalam 7 bulan.

Kredit konsumen AS bulan Oktober naik +$5.134 miliar, lebih lemah dari ekspektasi +$8.500 miliar.

Pasar memperhitungkan peluang 1% untuk kenaikan suku bunga +25 bp pada pertemuan FOMC berikutnya pada 12-13 Desember FOMC dan peluang 0% untuk kenaikan suku bunga +25 bp pada pertemuan FOMC berikutnya pada 30-31 Januari 2024.
Pasar kemudian memperhitungkan peluang sebesar 73% untuk penurunan suku bunga -25 bp pada pertemuan FOMC tanggal 19-20 Maret 2024 dan lebih dari sepenuhnya mengabaikan (145%) penurunan suku bunga sebesar -25 bp pada pertemuan FOMC tanggal 30 April-Mei.

Imbal hasil Treasury pemerintah AS dan Eropa pada hari Kamis berakhir beragam. Yield T-note 10 tahun naik +0.7 bp menjadi 4.134%. Imbal hasil obligasi Jerman bertenor 10 tahun turun ke level terendah dalam 8 bulan di 2,166% dan berakhir turun -0,9 bp di 2,191%. Imbal hasil emas Inggris tenor 10 tahun naik +2,5 bp menjadi 3,968%.

Advanced Micro Devices (AMD) ditutup naik lebih dari +9% menjadi pemimpin kenaikan di S&P 500 dan Nasdaq 100 setelah meluncurkan chip akselerator MI300 barunya, dengan mengatakan bahwa prosesor tersebut dapat menjalankan perangkat lunak AI lebih cepat daripada produk pesaingnya.

Alfabet (GOOGL) menguat lebih dari +5% setelah Google merilis Gemini, “model AI terbesar dan paling mumpuni” yang pernah dibuat oleh perusahaan.

Walgreens Boots Alliance (WBA) ditutup naik lebih dari +7% memimpin peraih keuntungan di Dow Jones Industrials. Short-covering teknis mengangkat Walgreens karena minat jangka pendek pada saham tersebut adalah yang tertinggi di antara saham-saham Dow Jones Industrial dengan 6,6% dari float, menurut S3 Partners.

Saham bank regional menguat pada hari Kamis untuk meningkatkan pasar yang lebih luas. Comerica (CMA) dan Zions Bancorp (ZION) ditutup naik lebih dari +3%. Selain itu, Truist Financial (TFC) ditutup naik lebih dari +2%, dan KeyCorp (KEY), M&T Bank (MTB), US Bancorp (USB), Huntington Bancshares (HBAN), dan Synchrony Financial (SYF) ditutup naik lebih dari + 1%.

Produsen litium menguat setelah peraturan baru pemerintah AS yang bertujuan membatasi cengkeraman Tiongkok pada industri kendaraan listrik tidak seketat yang dikhawatirkan. Hasilnya, Albemarle (ALB) ditutup naik lebih dari +5%.

Semtech (SMTC) ditutup naik lebih dari +16% setelah melaporkan laba EPS penyesuaian Q3 yang tidak terduga sebesar 2 sen, lebih baik dari konsensus kerugian -15 sen.

Cerevel Therapeutics (CERE) ditutup naik lebih dari +11% setelah AbbVie mengakuisisi perusahaan tersebut dalam kesepakatan senilai sekitar $8.7 miliar.

Rivian Automotive (RIVN) ditutup naik lebih dari +4% setelah Stifel memulai liputan saham dengan rekomendasi beli dan target harga $23.

C3.ai (AI) ditutup turun lebih dari -11% setelah melaporkan pendapatan Q2 sebesar $73,2 juta, di bawah konsensus $74,3 juta, dan memperkirakan pendapatan tahun 2024 sebesar $295 juta-$320 juta, titik tengah di bawah konsensus $308,2 juta.

Veeva Systems (VEEV) ditutup turun lebih dari -2% setelah memperkirakan pendapatan Q4 sebesar $620 juta-$622 juta, lebih lemah dari konsensus $623.5 juta.

Take-Two Interactive Software (TTWO) ditutup turun lebih dari -1% setelah Bank of America Global Research menurunkan peringkat saham menjadi netral dari beli.

PayPal Holdings (PYPL) ditutup turun lebih dari -1% setelah Amazon.com memberi tahu pengguna Prime bahwa mereka berencana menghentikan sistem pembayaran seluler PayPal Venmo sebagai opsi pembayaran, mulai 10 Januari 2024.

Merck & Co (MRK) ditutup turun lebih dari -1% memimpin penurunan di Dow Jones Industrials setelah mengatakan akan menghentikan uji coba Fase 3 yang mengevaluasi Keytruda dalam kombinasi dengan Lynparza untuk pengobatan pasien dengan kanker paru-paru non-sel kecil metastatik untuk kegagalan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Wall Street akan mencermati rilis data Non Farm Payrolls bulan November yang jika terealisir naik dan memunculkan sentimen The Fed akan menaikkan suku bunganya, akan dapat menekan bursa Wall Street.