Tingkat Pengangguran November AS Turun di Bawah Perkiraan Pasar

503

(Vibiznews – Economy & Business) Tingkat pengangguran AS turun menjadi 3,7 persen pada bulan November, turun di bawah konsensus pasar pada 3,9 persen, juga di bawah bulan sebelumnya pada 3,9 persen. Demikian rilis yang disampaikan Departemen Tenaga Kerja AS pada hari Jumat.

Jumlah pengangguran jangka panjang (mereka yang menganggur selama 27 minggu atau lebih) turun sedikit menjadi 1,2 juta. Orang-orang ini berjumlah 18,3 persen dari seluruh pengangguran.

Rasio pekerjaan-penduduk meningkat sebesar 0,3 poin persentase menjadi 60,5 persen pada bulan November.
Tingkat partisipasi angkatan kerja sedikit berubah yaitu sebesar 62,8 persen dan pada dasarnya tetap sama atau datar sejak Agustus.

Jumlah orang yang bekerja paruh waktu karena alasan ekonomi menurun sebesar 295.000 menjadi 4,0 juta. Orang-orang ini, yang lebih memilih pekerjaan penuh waktu, namun bekerja paruh waktu karena jam kerja mereka dikurangi atau mereka tidak dapat mendapatkan pekerjaan penuh waktu.

Jumlah penduduk bukan angkatan kerja yang saat ini menginginkan pekerjaan adalah 5,3 juta, sedikit berbeda dari bulan sebelumnya. Orang-orang ini tidak dihitung menganggur karena tidak aktif mencari pekerjaan selama 4 minggu sebelum survei atau tidak dapat mengambil pekerjaan.