Rekomendasi Minyak 13 Februari 2024: Tetap Berada di Ketinggian ke Arah $77.00

217
harga minyak mentah

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex, pada jam perdagangan sesi AS hari Senin, tetap bertahan di ketinggian mengarah ke $77.00, di sekitar $76.85 per barel, dengan potensi gencatan senjata di Jalur Gaza tetap merupakan ilusi.

Krisis geopolitik di Timur Tengah telah mendorong naik harga minyak mentah sekitar 6% pada minggu lalu dan meraih keuntungan selama lima hari berturut – turut.

Pasar minyak mentah terus menopang harga minyak mentah tetap tinggi pada minggu perdagangan yang baru, namun dibatasi oleh produksi minyak mentah AS yang mecetak rekor tertinggi.

Ketegangan geopolitik di Timur Tengah terus meningkat dengan Israel menolak proposal yang segera untuk mengadakan gencatan senjata pada minggu lalu, sehingga membuat harga minyak mentah tetap tinggi.

Meskipun demikian, negosiasi tetap berlangsung dengan negara – negara kunci berusaha mencoba membatasi potensi merembetnya resiko geopolitik.

Menteri energi Arab Saudi, Abdulaziz bin Salman Al Saud, membuat catatan pada hari Senin, bahwa Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) tetap sanggup dan akan menyesuaikan kebijakan sebagaimana dengan yang diperlukan.

OPEC telah menghadapi kesulitan pada bulan – bulan belakangan ini dengan pembatasan produksi yang dilakukan terhapus oleh produksi minyak mentah AS yang terus meningkat ke rekor ketinggiannya. Amerika Serikat meneguhkan dirinya sebagai produsen minyak mentah terbesar di dunia.

Produksi minyak mentah AS mencapai puncaknya pada bulan Januari meskipun cuaca dingin telah merusak sebagian fasilitas produksi secara temporer. Amerika Serikat terus memompa produksinya sehingga mencapai level tertinggi sejak bulan November yang lalu.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $75.88 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $74.60 dan kemudian $73.39. “Resistance” yang terdekat menunggu di $77.16 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $77.81 dan kemudian $78.40.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.