Trump Tidak Setuju The Fed AS Naikkan Suku Bunga Terlalu Cepat

723

(Vibiznews – Economy & Business) Presiden AS Donald Trump mengatakan Selasa bahwa dia tidak suka keputusan Federal Reserve untuk terus menaikkan suku bunga.

Dia juga mengatakan bahwa ekonomi Amerika Serikat tidak memiliki masalah inflasi dan bahwa bank sentral bergerak terlalu cepat dalam upaya untuk membatasi kenaikan harga.

“Saya pikir kita tidak harus naik secepat itu,” demikian Trump menjawab pertanyaan tentang kenaikan suku bunga oleh CNBC dari halaman selatan Gedung Putih.

Trump menambahkan bahwa dia belum berbicara dengan Ketua Federal Reserve Jerome Powell tentang langkah bank sentral untuk menaikkan suku bunga.

The Fed menaikkan suku bunga acuannya menjadi seperempat poin pada bulan September, dan mmeproyeksikan kenaikan lagi seiring pertumbuhan ekonomi untuk tahun ini dan tahun depan.

Analis menyatakan apa yang terjadi adalah presiden takut bahwa tingkat yang lebih tinggi akan menggagalkan pasar saham dan dia mencoba memohon Fed untuk memperlambat.

Selama wawancara CNBC musim panas ini, Trump mengatakan bahwa dia “tidak senang” dengan kenaikan suku bunga.

Suku bunga telah meningkat selama beberapa minggu terakhir, dengan imbal hasil Treasury 10-tahun sebagai barometer untuk utang perusahaan dan tingkat hipotek, naik ke level tertinggi dalam lebih dari tujuh tahun.

Para ahli obligasi telah menunjukkan data ekonomi yang kuat, tanda-tanda inflasi dan banjir penerbitan utang sebagai alasan meningkatnya suku bunga.

Suku bunga mengambil lonjakan terbaru mereka lebih tinggi di tengah laporan Jumat yang menunjukkan tingkat pengangguran terendah dalam 49 tahun, bersama dengan kenaikan upah.

Laporan ini menambah pandangan yang sekarang tersebar luas bahwa pasar tenaga kerja sudah dekat atau mengatasi lapangan kerja penuh dan menunjukkan upah mulai meningkat lebih tinggi. Ini bisa menjadi kekhawatiran bagi pejabat Fed untuk mencoba menjaga inflasi.

Mengikuti langkah bank sentral untuk menaikkan suku bunga untuk ketiga kalinya tahun ini, Ketua Fed Powell mengatakan dalam sebuah wawancara dengan PBS bahwa kebijakan moneter AS jauh dari netral, menunjukkan tingkat suku bunga depan memiliki ruang lebih untuk naik.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here