Kurs Aussie Sesi Asia 19 Oktober Menguat

689

Kurs Aussie mengawali perdagangan pekan ini (19/10) tampaknya selamat dari amcaman mengecewakan data perekonomian Tiongkok. Sebelumnya pasar telah mengawasi secara ketat dari beberapa perkembangan data indikator ekonomi Tiongkok yang di rilis hari ini yaitu, PDB, Retail Sales, dan fix asset investment. Mencerna rilis data tersebut akhirnya Aussie bergulir naik hampir terhadap semua mata uang utama.

Baru saja telah dilaporkan bahwa pertumbuhan PDB Tiongkok naik 6.9% menyingkirkan perkiraan 6.8% secara tahunan di kuartal ketiga, namun angka ini masih di bawah periode sebelumnya 7%. Secara kuartalan PDB Tiongkok naik 1.8% dibandingkan laporan sebelumnya 1.7% (kini alami revisi jadi 1.8%), kemudian dari sektor yang menggambarkan permintaan yaitu Retail Sales tumbuh 10.9% di periode September, mengalahkan perkiraan stagnan 10.8% dan menghapus kekhawatiran dari apa yang ditunkukan oleh data impor yang turun hingga -20.3%.

Data tersebut tampaknya menyelamatkan Aussie dari sentimen negatif yang diperkirakan akan berlebihan menginggat harga Aussie terhadap dollar AS suda naik, dan ditambah dengan sisa sentimen kelemahan yang ada di sektor tenaga kerja. Di mana pada perkembangan yang dilaporkan pekan lalu bahwa serapan lapangan kerja di Australia  turun 5.1 ribu di bulan September.

Pasar mencerna ulang data ini sebagai ancaman bagai Australia di masa yang akan datang meskipun tingkat pengangguran pada periode yang sama tidak berubah di angka 6.2%. Lebih rinci investor melihat serapan tenaga kerja paling banyak hilang pada pekerjaan Full Tim hingga 13.9 ribu, kemudian ini menurunkan tingkat partisipasi kerja menjadi 64.9% dari sebelumnya 65.0%.

Memantau kurs dollar Australia pada pair AUDUSD saat ini (03:17:11 GMT) bergulir di kisaran 0.7280, naik dari pembukaan 0.7252. Pada perdagangan akhir pekan lalu (16/10) pair ini ditutup bullish dari pembukaan 0.7328 dengan capaian tinggi 0.7337 dan rendah di harga 0.7249.

Secara teknikal, Analyst Vibiz Resarch Center melihat pergerakan AUDUSD kemarin dan hari ini tampak mulai kehilangan arah atau berada pada fase konsolidasi. Berdasarkan harga tinggi dan rendah sebelumnya pari ini diperkirakan akan bergerak di antara resisten 0.7314 dan support di kisaran 0.7225.

 

 

 

Irfan Purnawan/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here