Rupiah Rabu Siang Semakin Kuat Mendesak Dollar

382

Kurs Rupiah hingga perdagangan siang ini (25/11)berhasil menguat kembali melanjutkan pergerakan perdagangan sebelumnya setelah pembukaan pasar menguat. Penguatan kurs hari ini mengambil momentum pelemahan dollar terhadap major currencies pasca jatuhnya pesawat tempur Rusia di Turki yang terbentuk dalam aksi beli saham oleh asing di bursa saham.

Lebih banyaknya aksi beli saham oleh asing hingga sesi I bursa berakhir membuat IHSG siang ditutup menguat  dari perdagangan sebelumnya dimana asing mencetak net buy   sekitar Rp13,2 miliar lebih.  Namun hingga akhir perdagangan sore nanti aksi jual  asing berusaha  dominan oleh kekhawatiran geopolitik.

Terhadap pergerakan indeks dollar di pasar spot akhiri sesi Asia masih menunjukkan pelemahan terhadap beberapa major currencies namun terhadap kurs kawasan Asia dollar tampak melemah cukup signifikan seperti terhadap beberapa kurs kawasan Asia.

Pergerakan kurs  di pasar spot siang ini naik  0,26% dari akhir perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13683/US$ setelah sempat dibuka pada level Rp13688/US$. Demikian kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini kembali menguat   dari hari sebelumnya menjadi 13673 dari 13723  hari Selasa  (24/11).

Untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  akan bertahan bullish hingga akhir perdagangan sore, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13.633  resistance  13.706  per dollar.  

 

 

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here