Kurs Rupiah Berakhir Lemah, Masih Ada Harapan Penguatan

1027

Mengakhiri perdagangan saham hari ini aksi asing membeli saham masih mendominasi pasar sehingga menghasilkan jumlah net buy cukup besar. Meskipun demikian penguatan kurs Rupiah hingga akhir perdagangan hari Kamis (26/11) berada di zona negatif.

Namun pelemahan Rupiah hari ini hanya tipis 0,04 persen. Berkurangnya pelemahan hari ini dipicu menurunnya volume perdagangan kurs dollar AS terkait hari libur Thanksgiving yang berlangsung hari ini.

Lebih banyaknya aksi beli saham oleh asing hingga sesi 2 bursa berakhir membuat IHSG hari ini ditutup menguat  dari perdagangan sebelumnya dimana asing mencetak net buy sekitar Rp349,48 miliar lebih.  Sehingga IHSG lanjutkan penguatan hingga  0,25 persen ke posisi 4597,06.

Hari ini rupiah ditutup melemah 0,04% ke posisi Rp13.644,5/US$ dari akhir perdagangan sebelumnya  di pasar spot setelah dibuka pada posisi Rp13687/US$ pagi tadi.  Demikian  kurs Jisdor  telah ditetapkan BI  hari ini melemah dari perdagangan sebelumnya menjadi 13733 dari 13673  hari Rabu (25/11).  

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada perdagangan esok hari berpotensi  menguat  oleh prospek pelemahan  dollar karena liburnya sebagian perdagangan Amerika besok karena hari libur Black Friday.

 

Freddy/VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here