Indeks Kospi Awal Tahun Negatif Merespon Rencana Pelonggaran Moneter BOK

492
indeks kospi

Pada pembukaan perdagangan bursa Korea Selatan awal tahun, Senin (04/01), Indeks Kospi dibuka turun. Saat ini terpantau melemah -28.55 poin, atau -1,46 persen, pada 1932.76. Pelemahan indeks Kospi mencermati rencana Bank of Korea yang akan melanjutkan pelonggaran kebijakan moneter.

Lihat : Akhir Negatif Bursa Korsel Terganjal Buruknya Produksi Industri

Gubernur Bank of Korea Lee Ju-yeol mengatakan bank sentral akan melanjutkan kebijakan pelonggaran moneter untuk menjaga tren pemulihan ekonomi tahun depan.

Dalam pesan Tahun Baru pada hari Kamis, Lee mengatakan ia mengharapkan ekonomi pulih secara bertahap dengan tekanan inflasi yang lemah. Tapi dia menekankan perlunya untuk meninjau aliran makroekonomi sementara potensi risiko dari perlambatan pertumbuhan dan inflasi yang lebih tinggi.

Gubernur BOK mengatakan bahwa kinerja ekonomi bangsa tidak memuaskan tahun ini, mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi adalah membosankan dan tingkat inflasi lebih rendah dari tujuan pemerintah. Dia mengatakan diperlukan restrukturisasi dan reformasi menyeluruh untuk meningkatkan fundamental ekonomi dan meningkatkan potensi pertumbuhannya.

Pada awal perdagangan bursa Korea Selatan, saham-saham yang mejadi pemberat bursa adalah saham Samsung Engineering yang turun -9,06%, saham F F turun -8,12%, saham Halla yang turun -6,89%, saham Huneed Technologies turun -6,89%, saham Namkwang Engineering Constructn turun -6,68%.

Sedangkan untuk indeks kospi berjangka terpantau turun -4,20 poin atau -1,75% pada posisi 236.25, turun dari penutupan sebelumnya pada 240.450.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Kospi berpotensi melemah terbatas dengan pelemahan bursa global dan mencermati kebijakan pelonggaran moneter BoK. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 233.41-230.47 dan kisaran Resistance 239.62-242.44.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here