Rupiah Senin Siang Mampu Bergerak Kuat

458

Dilemahkannya kurs Rupiah oleh Bank Indonesia hari ini baik kurs Jisdor maupun kurs transaksi antar bank di tanah air tidak menghalangi Rupiah bergerak positif dan menguat dibandingkan perdagangan pagi yang dibuka siang.

Optimisme pasar telah membuat perdagangan obligasi rupiah meningkat hingga siang ini dimana yield obligasi khususnya tenor jangka panjang berhasil naik 7,8 basis poin  menjadi 8,82 persen dan menjadi yield tertinggi  dibandingkan dengan  negara Asean lainnya.

Namun penguatan Rupiah belum membawa angin segar bagi perdagangan bursa saham, pasalnya asing terus menambah aksi jualnya hingga mencetak net sell sekitar Rp324 miliar yang lebih banyak dari awal perdagangan. Akibatnya IHSG usai sesi pertama hari ini masih tergerus 1,9 persen ke posisi 4461.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot siang  ini naik 0,10% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13915/US$ setelah dibuka lemah pada level Rp13955/US$ Demikian kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini melemah  ke 14005   dari hari sebelumnya 13943 hari Senin (11/01).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi menguat  terus hingga akhir perdagangan sore, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13925 resistance  13845  per dollar.  

 

 

 

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here