Bursa Eropa Dibuka Tertekan Pelemahan Bursa Asia dan Minyak Mentah

450

Bursa Eropa dibuka negatif pada hari Kamis (14/01) di tengah penurunan di bursa saham Asia dan karena harga minyak jatuh ke level terendah 12-tahun.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun lebih dari 2,6 persen.

Indeks FTSE 100 berada pada 5.859,55, turun -101,42 poin atau -1,70%

Indeks DAX berada pada posisi 9.733,34, turun -227,62 atau -2,29% poin

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.295,48, turun -96,46 poin atau -2,20%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.754,60, turun -179,90 poin atau -2,01%

Pasar saham utama Asia terus meluncur ke bawah mereka, menyusul penurunan di Wall Street semalam, tertekan oleh kekhawatiran atas perlambatan ekonomi global dan harga minyak rendah.

Dalam berita lain, harga minyak Brent turun di bawah $ 30 Kamis, menggarisbawahi kelemahan terus di pasar energi karena permintaan gagal untuk bersaing dengan pasokan.

Investor fokus pada laporan pendapatan pada hari Kamis. Di sektor mewah, Swiss Richemont – pemilik merek termasuk Cartier dan Piaget – mengatakan penjualan di tiga bulan hingga Desember turun 4 persen karena kelemahan di Eropa. Saham di perusahaan turun sedikit.

Burberry Inggris melaporkan pendapatan ritel yang mendasari naik 1 persen menjadi £ 603.000.000 dalam tiga bulan hingga 31 Desember di sebuah “lingkungan yang lebih keras dari yang diharapkan”. Saham melompat lebih tinggi.

Di sektor ritel, ASOS melaporkan total penjualan ritel naik 22 persen dalam empat bulan sampai dengan 31 Desember, dibantu oleh “rekor penjualan” online akhir pekan pada bulan November, namun saham turun tajam.

Jaringan supermarket terbesar Inggris Tesco mengatakan penjualan dalam enam minggu yang berakhir 9 Januari, naik 2,1 persen, mengirimkan saham naik lebih dari 6 persen. Sementara itu, AB Foods, pemilik peritel pakaian Primark, mengatakan pendapatan kelompok untuk 16 minggu berakhir 2 Januari adalah 3 persen pada waktu yang sama tahun lalu. Penjualan di Primark naik 7 persen dari periode yang sama tahun lalu, namun saham sedikit lebih rendah.

Peritel Prancis Casino mengatakan penjualan kuartal keempat turun 0,3 persen tetapi mengirimkan saham sedikit lebih tinggi.

Di tempat lain, pembuat kereta Perancis Alstom melihat saham diperdagangkan lebih rendah setelah mengatakan pesanan meningkat tajam pada kuartal ketiga karena penjualan naik 7 persen.

Dalam berita lainnya, Statoil membeli saham 11,93 persen di Lundin Petroleum yang membuat saham di perusahaan yang lebih tinggi. Tetapi saham Statoil jatuh.

Britain’s Restaurant Group, pemilik Frankie dan Benny dan rantai Garfunkel, melihat saham lebih dari 14 persen lebih rendah setelah melaporkan laba dan mengatakan berhati-hati pada prospek 2016.

Sementara itu, saham pembuat mobil Italia Fiat Chrysler dihentikan dari perdagangan setelah jatuh 7,9 persen pada laporan oleh situ “Automotive News” yang menunjukkan bahwa dealer mobil di Chicago tersebut telah mengajukan gugatan terhadap perusahaan yang menuduh produsen mobil yang ditawarkan dealer uang dalam jumlah besar untuk melaporkan kendaraan yang tidak terjual seperti yang dijual. Perusahaan membantah gugatan telah disajikan dalam sebuah pernyataan ke situs berita industri.

Investor juga akan mengawasi keputusan kebijakan moneter terbaru dari Bank of England dan risalah dari pertemuan Bank Sentral Eropa bulan Desember.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan harga minyak selanjutnya dan pergerakan bursa Wall Street, yang jika menghasilkan negatif, akan menekan bursa Eropa.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here