Bursa Eropa Akhir Pekan Naik Terdorong Stimulus BOJ

797

Bursa saham Eropa ditutup naik tajam pada penutupan perdagangan hari Jumat (29/01) setelah Bank of Japan mengejutkan pasar global dengan mengadopsi suku bunga negatif untuk pertama kalinya.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 berakhir naik 2,2 persen. Pada minggu itu ditutup naik 1,2 persen.

Indeks FTSE 100 ditutup pada posisi 6.083,79, naik 152,01 poin atau 2,56%

Indeks DAX ditutup pada posisi 9.798,11, naik 158,52 poin atau 1,64%

Indeks CAC 40 ditutup pada posisi 4.417,02, naik 94,86 poin atau 2,19%

Indeks IBEX 35 ditutup pada posisi 8.815,80, naik 225,20 poin atau 2,62%

Harga minyak naik lagi pada hari Jumat, didorong oleh harapan yang lebih tinggi dari kesepakatan di antara negara-negara penghasil minyak untuk mengatasi kelebihan pasokan yang terus meningkat. Ketika pasar saham Eropa ditutup, minyak mentah Brent diperdagangkan pada sekitar $ 34,20 per barel, sementara minyak mentah AS sedikit di atas $ 33.

Saham perminyakan dan gas mendapat dorongan dari pergerakan harga minyak mentah, dengan saham Tullow Oil naik sekitar 5 persen.

Di Asia, Bank of Japan memutuskan untuk memperpanjang program stimulus moneter dengan suku bunga negatif. Bank sentral mengatakan akan menerapkan tingkat minus-0,1 persen untuk memperbesar cadangan yang dikenakan terhadaplembaga keuangan yang mulai berlaku pada 16 Februari.

Di AS, pertumbuhan ekonomi melambat pada kuartal keempat untuk tingkat tahunan 0,7 persen, menurut data resmi pada hari Jumat. Ini lebih rendah dari 2 persen pada kuartal ketiga, namun sejalan dengan perkiraan analis.

Saham AS diperdagangkan lebih tinggi pada hari Jumat setelah data PDB dan berita stimulus Bank of Japan.

Bank zona euro berada dalam radar investor. Pemberi pinjaman Italia Banca Monte dei Paschi di Siena membukukan laba tahunan pertama dalam lima tahun berkat keuntungan terkait dengan perdagangan derivatif yang kontroversial.

Saham BMPS berfluktuasi pada hari Jumat, sebelum ditutup naik lebih dari 1 persen.

Saham bank Italia lainnya, yang telah berada di bawah tekanan kuat baru-baru ini atas kekhawatiran tentang portofolio non-performing loan mereka, ditarik berkat yang lebih tinggi untuk hasil BMPS ‘.

Banco Popolare ditutup lebih dari 9 persen, sedangkan Intesa Sanpaolo berakhir lebih dari 4 persen.

Di Spanyol, Caixabank membukukan rugi bersih kuartal keempat € 182.000.000 ($ 198.530.000) karena pencadangan sahamnya di minyak Repsol utama. Saham pemberi pinjaman masih ditutup naik 3,8 persen.

Banco de Sabadell mencatat kenaikan 91 persen laba bersih setahun penuh, mengirimkan saham di dekat bagian atas STOXX 600, naik 12 persen.

Saham Sky didorong naik hampir 4 persen setelah kelompok TV berbayar Eropa tersebut mengatakan bahwa James Murdoch akan kembali sebagai ketua perusahaan setelah mengundurkan diri di tengah skandal penyadapan telepon pada tahun 2012. Sky melaporkan perkiraan naik laba yang lebih baik untuk paruh pertama tahun ini.

Perusahaan iklan luar Perancis, JC Decaux naik lebih dari 6 persen setelah melaporkan kenaikan 17,2 persen pada kuartal keempat pendapatan yang disesuaikan.

Saham perusahaan Spanyol Gamesa melonjak lebih dari 18,5 persen pada laporan bahwa Siemens sedang mempertimbangkan tawaran pengambilalihan perusahaan tersebut.

Senin sore akan dirilis data indikator ekonomi kawasan Euro, Markit Manufacturing PMI Final, yang diindikasikan turun dari hasil sebelumnya.

Sementara itu perlu diperhatikan juga data indikator ekonomi Tiongkok yang diindikasikan melemah tipis dari hasil sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan berpotensi melemah dengan merespon data indikator ekonomi Euro dan Tiongkok yang menurun. Namun penting juga memperhatikan harga minyak mentah, yang juga dapat mempengaruhi pergerakan bursa Eropa.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here