Xi Jinping Serukan Reformasi Ekonomi dan Militer Tiongkok

786

Presiden Tiongkok, Xi Jinping memanfaatkan kunjungan tradisional pra-Tahun Baru Imlek ke daerah terpencil untuk menyerukan upaya lebih lagi dalam reformasi ekonomi dan militer, dua kunci penting untuk pemerintahannya.

Pemimpin Tiongkok umumnya menggunakan waktu menjelang Imlek untuk melakukan pemeriksaan di seluruh negeri di mana mereka menandai inisiatif kebijakan penting atau bidang yang menjadi perhatian untuk tahun depan.

Liburan selama seminggu, dimulai pada hari Minggu, adalah yang paling penting dalam kalender Tiongkok, ketika jutaan orang melakukan perjalanan pulang, satu-satunya dalam satu tahun.

Mengunjungi basis revolusioner tua di provinsi selatan Jiangxi, Xi mengatakan bahwa fasilitas produksi terkebelakang harus ditutup dan sumber daya difokuskan pada industri-industri baru, dalam sambutannya yang dirilis di semua surat kabar negara utama pada hari Kamis.

Xi mendesak Jiangxi untuk melakukan reformasi dan menggunakan inovasi dan kewirausahaan untuk mendorong pembangunan karena ekonomi telah memasuki fase “normal baru”, sebuah ekspresi Xi yang diciptakan dua tahun lalu untuk merujuk pada pertumbuhan Tiongkok yang melambat.

Pejabat perlu menerapkan “konsep pembangunan baru” dalam mempromosikan reformasi struktural sisi penawaran, meningkatkan industri yang sedang berkembang, meningkatkan industri tradisional dan mengembangkan sektor jasa modern, tambahnya.

Partai Komunis yang berkuasa tertarik untuk memastikan bahwa perlambatan pertumbuhan tidak membawa pergolakan sosial dalam bentuk PHK massal, atau mempengaruhi terlalu buruk kenaikan standar hidup yang dalam tiga dekade booming ekonomi dan reformasi yang telah terjadi.

Xi mengatakan penduduk desa, bagian yang relatif miskin dan terbelakang dari negara, diharapkan partai ada di sana untuk melayani orang-orang Tiongkok dengan “sepenuh hati”.

“Kami berkomitmen untuk mendukung pengembangan daerah basis revolusioner tua dan membuat hidup Anda lebih baik hari demi hari. Tidak satu keluarga yang hidup dalam kemiskinan harus ditinggalkan di jalan kita untuk memerangi kemiskinan,” katanya.

Xi juga bertemu anggota militer, yang menjalani proses reformasi untuk memodernisasi angkatan bersenjata terbesar di dunia, termasuk melepaskan 300.000 tenaga pelayanan. Dia mengatakan Tiongkok berkomitmen untuk membangun tentara yang kuat, dan semua unit harus setia dan melakukan bagian mereka untuk reformasi.

Pertumbuhan ekonomi Tiongkok turun sampai 6,9 persen pada tahun 2015, laju paling lambat dalam 25 tahun. Kemarin pemerintah Tiongkok juga telah menetapkan target pertumbuhan ekonomi pada kisaran 6,5%-7% untuk tahun 2016.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here