BOE Mempertahankan Suku Bunga Tetap

849

Bank of England mempertahankan suku bunga ditahan pada rekor terendah lagi pada hari Kamis dalam keputusan bulat, juga memotong prospek pertumbuhan ekonomi di tengah kekhawatiran perlambatan ekonomi global.

Semua sembilan pembuat kebijakan di Komite Kebijakan Moneter (MPC) sebagai untuk tidak ada perubahan, menandai keputusan yang lebih dovish dari bulan lalu 8-1 orang. Terakhir kali panitia sepakat pada Juli 2015.

Suku bunga Bank telah berada di rekor rendah 0,5 persen sejak Maret 2009.

Pertumbuhan upah U.K. stagnan dan kekhawatiran tentang pasar internasional mendorong BoE untuk suara bulat memilih untuk mempertahankan suku bunga, dengan Ian McCafferty, elang tunggal Komite Kebijakan Moneter ini, jatuh kembali dengan kawanan merpati.

Perkiraan Bank sentral, ekonomi Inggris akan tumbuh 2,2 persen tahun ini dan 2,3 persen pada tahun 2017, turun dari perkiraan 2,5 persen dan 2,6 persen pada November.

MPC sekarang memperkirakan Indeks Harga Konsumen (IHK) tingkat untuk tetap di bawah 1 persen untuk sisa tahun ini. Proyeksi ini untuk inflasi yang lebih lemah dari perkiraan dalam laporan terakhir pada bulan November ini disebabkan terutama untuk menurunkan harga minyak. Panitia percaya ini akan menekan inflasi energi lebih lama.

Dalam suratnya kepada Kanselir menjelaskan mengapa inflasi lagi di bawah target, Gubernur Mark Carney menunjuk volatilitas di aset berisiko dan Tiongkok dan negara berkembang pertumbuhan pasar lemah.

Dalam voting untuk tidak ada perubahan, tercatat dalam laporan inflasi yang prakiraan harga pasar sekarang menunjuk untuk mengangkat lambat dari yang diharapkan pada 2018. Namun, kerataan dari kurva yield membuat memilih bulan tertentu menantang. Tingkat tersirat pasar sekarang untuk suku bunga bank mencapai 1,1 persen pada kuartal pertama 2019.

Meskipun menunjuk ke pasar tenaga kerja Inggris yangketat, dan mengekspresikan pandangan ada sekarang kurang kendur dalam perekonomian, Panitia mengamati pertumbuhan upah dan biaya tenaga kerja telah lemah dari yang diharapkan. Hal ini terjadi bahkan ketika rumah tangga dan sentimen bisnis telah kuat.

Carney telah menjelaskan dalam beberapa pekan terakhir bahwa BoE tidak akan mengikuti bank sentral lainnya dalam tindakan, setelah AS Federal Reserve menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2007 sebelum Natal dan Bank of Japan memangkas suku ke wilayah negatif pekan lalu.

Dia menegaskan kembali sikap ini dalam konferensi pers pada hari Kamis, menambahkan bahwa “seluruh MPC berpikir bahwa langkah berikutnya dalam suku  bungalebih cenderung naik dari bawah.”
 
Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here