Output Industri Italia Kontraksi 2 Bulan Berturut

585

Pada beberapa pekan lalu, sudah dilaporkan lebih dulu bahwa skor PMI manufaktur Italia pada bulan Januari menurun drastis dari  yang tercatat di bulan Desember, meskipun sejauh ini kinerjanya masih cukup kuat pada fase ekspansi. Perlambatan kinerja manufaktur Italia pada bulan lalu juga tercermin dari tingkat output industri Italia di bulan Desember yang mengecewakan.

Kantor statistik nasional, ISTAT,  melaporkan tingkat output industri Italia pada bulan Desember  lalu melanjutkan penurunan bulan sebelumnya yang menentang perkiraan ekonom sebelumnya akan terjadi kenaikan.  Dalam rilis tersebut tercatat bahwa tingkat output industri Italia pada Desember  lalu turun -0,7 persen (mom), yang melanjutkan penurunan  sebesar -0,5persen (mom) yang tercatat di bulan November. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Italy Industrial Production MoM

Sebelumnya para ekonom memperkirakan tingkat output industri Italia pada Desember  lalu  akan bukukan peningkatan  sebesar  -0,3 persen. Secara  tahunan, produksi industri turun 1,0 persen pada akhir tahun, sedangkan perkiraan ekonom akan terjadi kenaikan 1,4 persen. Itu adalah penurunan pertama dalam enam bulan.

Produksi di sektor barang modal merosot 1,6 persen secara tahunan pada bulan Desember dan untuk barang setengah jadi turun 2,6 persen. Pada saat yang sama, industri sektor energi  mencatat pertumbuhan 0,4 persen. Dan sepanjang tahun 2015, produksi industri secara keseluruhan naik  1,0 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

 

 

H Bara/VM/BNV/ Analyst at Vibiz Research Center
Edior: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here