Awal Negatif Bursa Eropa Mencermati Pernyataan Yellen

431

Bursa Saham Eropa diperdagangkan melemah tajam pada hari Kamis (11/02) dengan investor mencerna komentar Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 2,6 persen.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 5.539,86, turun -132,44 poin atau -2,33%

Indeks DAX berada pada posisi 8.809,18, turun -208,11 poin atau -2,31%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 3.943,07, turun -118,13 poin atau -2,91%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 7.877,20, turun -266,50 poin atau -3,27%

Dalam kesaksian kongres semi-tahunannya, Yellen mengatakan bahwa Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) belum sepenuhnya meneliti legalitas sekitar suku bunga negatif, di tengah pertanyaan apakah bank sentral bisa memberlakukan kebijakan tersebut. Tapi Yellen memang mengakui bahwa kelemahan dalam ekonomi global dan risiko dari Tiongkok bisa membebani prospek pertumbuhan AS.

Investor tampaknya terbelah bagaimana menafsirkan komentar namun keprihatinan umum atas perekonomian global sangat jelas.

Pasar Saham Eropa mengikuti perdagangan yang lebih rendah di Asia di mana beberapa pasar dibuka kembali setelah ditutup untuk liburan Tahun Baru Imlek. Dan saham AS ditutup sebagian besar lebih rendah pada hari Rabu, membebani sentimen negatif di Eropa.

Saham perbankan, yang telah terpukul dalam beberapa hari terakhir, rebound tajam pada Rabu, setelah rumor bahwa Bank Sentral Eropa mempertimbangkan untuk membeli saham bank sebagai bagian dari program pelonggaran kuantitatif. Tapi sektor ini adalah salah satu pemain terburuk pada hari Kamis.

Societe Generale melaporkan laba bersih kuartal keempat yang jatuh di bawah ekspektasi analis dan mengangkat ketentuan untuk litigasi 400 juta euro mengirim saham turun lebih dari 7 persen.

Deutsche Bank diperdagangkan melemah tajam setelah rally pada hari Rabu pada laporan bahwa pemberi pinjaman akan memulai program pembelian kembali obligasi besar-besaran.

Banyak pemberi pinjaman Italia termasuk Banco Popolare dan Banca Monte dei Paschi di Siena berada di wilayah negatif karena kekhawatiran baru atas kesehatan sektor perbankan negara itu. Pemerintah Italia menyetujui paket kebijakan pada hari Rabu untuk membantu bank-bank menghapus portofolio kredit bermasalah mereka. Tapi ini tidak sedikit untuk membantu saham-saham di sektor ini.

Ini telah menjadi pagi yang berat dalam laporan pendapatan di Eropa dengan laporan beberapa perusahaan besar. Kelompok perusahaan periklanan Perancis, Publicis melaporkan kenaikan 2,8 persen dalam penjualan kuartal keempat secara organik untuk € 2730000000 ($ 3090000000) namun diperkirakan “pertumbuhan organik sederhana” untuk 2016. Saham diperdagangkan 6 persen lebih tinggi.

Perusahaan Perancis, Total melihat 26 persen kemerosotan tahun-ke-tahun pada laba bersih disesuaikan kuartal keempat di tengah harga minyak yang rendah dan mengatakan akan mengurangi belanja modal dengan lebih dari 15 persen tahun ini.

Dalam sektor telekomunikasi, Nokia Finlandia melaporkan laba untuk bisnis jaringan telekomunikasi peralatan yang mengalahkan ekspektasi analis tetapi memperingatkan bahwa peluncuran jaringan mobile baru di Tiongkok akan melambat tahun ini. Saham bergerak datar.

Perusahaan rokok British, Imperial Brands, yang baru-baru berganti nama dari Imperial Tobacco, melaporkan kenaikan pendapatan kuartal pertama, mengirimkan saham sedikit lebih tinggi.

Sementara itu Zurich Insurance berada di wilayah negatif setelah melaporkan kerugian bersih $ 424 juta pada kuartal keempat, kerugian yang lebih besar dari yang diperkirakan analis.

Saham penambang akan sekali lagi menjadi fokus di tengah harga logam yang rendah. Rio Tinto menderita rugi bersih $ 866 juta pada tahun 2015. Saham turun lebih dari 4,5 persen.

Harga emas telah mendapat dukungan di hari terakhir di tengah kekalahan pasar karena investor berbondong-bondong ke logam mulia sebagai safe haven. Ini membuat saham penambang emas Randgold Resources naik lebih tinggi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pergerakan bursa Eropa akan dipengaruhi pergerakan harga minyak mentah, bursa Wall Street dan pernyataan lanjutan Yellen di kongres AS. Jika indikator-indikator tersebut melemah, akan dapat menekan bursa Eropa.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here