Rupiah Awal Pekan Berhasil Mempesona Asing

490

Mengawali perdagangan pasar valas awal pekan ini, rupiah Senin (15/02)  berhasil unjuk kekuatan  ditengah penguatan mata uang Amerika  terhadap beberapa rival utama setelah akhir pekan terkoreksi tipis. Penguatan  pagi ini   dipicu lakunya surat obligasi oleh investor asing sejak perdagangan pekan lalu yang menunjukkan optimis pasar terhadap investasi tanah air masih ada.

Lihat: Pidato Janet Yellen Ambrukkan Dollar

Pekan lalu rupiah kembali mencetak penguatan untuk 5 pekan berturut terhadap dollar dan pekan ini dapat menguat kembali oleh sentimen diatas. Namun penguatan dollar pagi ini belum membuat asing lakukan banyak belinya terhadap bursa saham sehingga tercetak net sell 14,5 miliar, dan IHSG berhasil menguat hiraukan aksi asing ini.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak negatif  dengan posisi penurunan 0,11% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13475/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13472/US$.  Demikian kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini diperlemah sedikit ke 13476  dari hari sebelumnya 13471 pada hari Jumat (12/02).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi menguat  hingga akhir perdagangan didukung dengan proyeksi dollar yang  melemah, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13491  resistance  13461 per dollar.  

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here