Harga Makanan dan Pakaian Naik Lagi, Inflasi India Tertinggi 16 Bulan

1350

Sebagai negara besar di Asia dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia sepanjang tahun 2015, negara India yang memiliki penduduk 1,2 miliar lebih alami peningkatan inflasi pada bulan pertama tahun 2016 dibandingkan bulan sebelumnya. Dan inflasi pada bulan tersebut merupakan inflasi tertinggi sejak bulan Agustus 2014

Kantor Kementrian Statistik India hari Senin (15/09) mengumumkan terjadi peningkatan harga-harga barang di negeri Taj Mahal tersebut pada bulan Januari khususnya pada harga makanan dan minuman serta alas kaki.

India Inflation Rate

Indeks harga konsumen India pada bulan Januari 2016 naik 5,69 persen secara tahunan , sedikit lebih besar  dari kenaikan 5,61 persen di bulan Desember. Padahal tingkat inflasi negeri ini diekspektasikan ekonom alami penurunan sekitar 5,4 persen.

Dari laporan Ministry of Statistics and Programme Implementation (MOSPI), harga makanan dan minuman alami kenaikan sebesar  6,66 persen dan harga pakaian serta alas kaki harga meningkat 5,71 persen.

Jika dibandingkan dengan tingkat inflasi negara Indonesia maka inflasi bulan Januari lalu sama-sama meningkat, namun tingkat indeks harga konsumen Indonesia masih lebih rendah di posisi 4,14 persen secara tahunan dan masih sesuai dengan target pemerintah dan bank sentral.

 

H Bara/VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here