Rupiah Selasa Sedikit Melemah Oleh Perburuan Safe Haven

571

Hingga penutupan perdagangan pasar valas tanah air hari Selasa  (16/02), penguatan rupiah yang terjadi diawal perdagangan pagi terpangkas oleh bangkitnya ketakutan pelaku pasar keuangan global mencermati anjloknya kembali harga minyak mentah sehingga memburu aset safe haven.

Lihat: Dollar AS Tenggelam Lagi Karena Anjlok Harga Minyak Mentah

Meskipun rupiah melemah dari perdagangan siang, aksi asing buru saham lokal tidak berhenti dan bertambah kembali setelah siang sempat berkurang. Net buy asing di bursa saham  tercetak sebesar Rp137,5 miliar, namun aksi asing ini tidak membuat IHSG  naik.  

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot sore  ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,12% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13394/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13325/US$.  Namun pelemahan kurs  hari ini tidak sejalan  dengan penguatan yang dilakukan BI terhadap  kurs jisdor dan juga kurs transaksi antar bank.

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia   hari ini diperkuat ke 13333  dari hari sebelumnya 13476  pada hari Senin  (15/02), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat   ke posisi 13,400.00  dari posisi 13,543.00 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan hari Selasa,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah masih akan bergerak positif oleh hasil lelang obligasi rupiah hari ini.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here