Pesanan Mesin Inti Jepang Naik Di Bawah Ekspektasi

605

Pesanan mesin inti Jepang naik pada laju yang lebih lambat dari yang diperkirakan pada bulan Desember, tetapi perusahaan memperkirakan pesanan inti akan meningkat pada Januari-Maret, sebuah tanda yang positif bahwa industri siap untuk meningkatkan pengeluaran.

Pesanan inti, serangkaian data yang sangat volatile dianggap sebagai indikator utama belanja modal, naik 4,2 persen pada Desember, data Kantor Kabinet Jepang dilaporkan pada hari Rabu (17/02), kurang dari perkiraan median untuk 4,7 persen peningkatan pada laju bulanan.

japan-machinery-orders

Perusahaan memperkirakan pesanan meningkat 8,6 persen pada Januari-Maret, yang akan lebih cepat dari kenaikan 4,3 persen pada kuartal sebelumnya, menunjukkan perusahaan Jepang tetap positif pada prospek permintaan domestik.

Pesanan, secara luas dianggap sebagai indikator utama belanja modal di masa depan, mencapai ¥ 806.6 miliar  ($ 7,1 miliar). Perintah mengecualikan untuk kapal dan dari utilitas karena volatilitasnya.

Angka-angka yang diawasi ketat karena pemerintah Perdana Menteri Shinzo Abe melihat investasi bisnis yang menyumbang sekitar 15 persen dari produk domestik bruto Jepang, sebagai pilar pertumbuhan ekonomi.

Pesanan dari sektor manufaktur turun 3,4 persen menjadi ¥ 326.9 miliar pada bulan Desember untuk penurunan bulanan kedua berturut-turut, sedangkan dari sektor non manufaktur naik 8,5 persen menjadi ¥ 475.3 miliar menyusul anjlok 18,0 persen.

Total pesanan, termasuk dari sektor publik dalam negeri dan luar negeri, naik 3,6 persen menjadi 2,22 triliun yen.

Permintaan luar negeri untuk mesin Jepang, indikator ekspor ke depan, turun 3,1 persen menjadi ¥ 939.5 miliar untuk penurunan bulanan kedua berturut-turut.

Data tersebut kemungkinan menjadi sumber dukungan bagi para pembuat kebijakan yang mengandalkan belanja modal untuk menciptakan lebih banyak pekerjaan dan menaikkan upah. Namun, jika gejolak pasar keuangan baru-baru ini berlanjut, perubahan untuk keuntungan besar dalam investasi bisnis akan berkurang.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pesanan inti pada bulan Desember turun 3,6 persen, terhadap estimasi median dari penurunan tahunan 3,1 persen, data ditunjukkan pada hari Rabu.

Belanja modal Jepang secara tak terduga naik 1,4 persen pada kuartal keempat tahun lalu, yang merupakan salah satu titik terang dalam pembacaan sehingga mengecewakan pada kesehatan ekonomi, data pada hari Senin menunjukkan.

Keuntungan belanja modal akan mendukung pertimbangan pemerintah untuk dapat menguatkan ekonomi yang didorong oleh permintaan domestik.

Namun, beberapa ekonom tetap khawatir bahwa ekonomi Jepang bisa melemah akhir tahun ini jika perlambatan ekonomi Tiongkok atau kebijakan moneter Federal Reserve AS menyebabkan tekanan lebih lanjut di pasar keuangan.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here