Rupiah Rabu Berakhir Anjlok, Setengah Triliun Banjiri Bursa Saham

497

Hingga penutupan perdagangan pasar valas tanah air hari Rabu  (17/02), pelemahan rupiah berlanjut  ditengah pelemahan dollar terhadap rival-rival utamanya. Pasar keuangan global kembali dikhawatirkan dengan pergerakan harga minyak yang negatif sehingga aset safe haven menjadi pilihan.

Lihat: Dollar AS Tenggelam Lagi Karena Anjlok Harga Minyak Mentah

Meskipun rupiah melemah dari perdagangan siang, aksi asing buru saham lokal tidak berhenti dan bertambah kembali dari perdagangan  siang. Net buy asing di bursa saham  tercetak sebesar Rp570,3 miliar, dan aksi asing ini berhasil membuat IHSG  naik 0,4%.  

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot sore ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,84% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp1307/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13455/US$.  Pelemahan kurs   siang ini  sejalan  dengan pelemahan yang dilakukan BI terhadap  kurs jisdor dan juga kurs transaksi antar bank.

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia   hari ini dilemahkan  ke 13504  dari hari sebelumnya 13333 pada hari Selasa  (16/02), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat   ke posisi 13,572.00  dari posisi 13,400.00 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan hari Rabu,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah rebound dan akan bergerak positif oleh lemahnya dollar AS meski sentimen positif berusaha menopangnya malam ini.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here