Bursa Eropa Bergerak Mixed Mencermati Pergerakan Minyak Mentah dan Laporan Laba Emiten

530

Bursa Eropa bergerak mixed pada perdagangan saham Jumat (19/02) dengan investor mencerna pergerakan harga minyak mentah dan laporan laba terbaru emiten.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 adalah diperdagangkan tepat di bawah garis datar.

Indeks London FTSE 100 sedikit lebih tinggi, indeks CAC Perancis berfluktuasi antara wilayah positif dan negatif sementara indeks DAX Jerman turun 0,3 persen ke merah.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 5.980,05, naik 8.10 poin atau 0,14%

Indeks DAX berada pada posisi 9.451,76, turun -11,88 atau -0,13%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.243,88, naik 4.12 atau 0.10%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.267,90, turun -27,50 atau -0,33%

Harga minyak jatuh pada Jumat setelah data pada hari Kamis menunjukkan persediaan minyak mentah AS naik 2,1 juta barel pekan lalu, ke rekor tinggi 504.100.000 barel, menurut Administrasi Informasi Energi. Harga minyak mentah berjangka Brent turun lebih dari 1 persen, diperdagangkan sekitar $ 33,80, sementara harga minyak mentah AS turun sekitar $ 30,30.

Hal ini menempatkan saham minyak dan gas di bawah tekanan, dengan saham Seadrill turun lebih dari 7 persen. Saham SBM Offshore, Tullow Oil dan Subsea 7 semua melemah tajam.

Di sisi pendapatan, perusahaan asuransi Jerman Allianz mengatakan laba operasional untuk tahun 2015 naik 3,2 persen, dekat ujung atas kisaran target untuk tahun ini, tapi masih meleset dari ekspektasi analis, mengirimkan saham melemah tajam. Dan perusahaan asuransi Belanda Aegon melihat laba bersih kuartal keempat naik 20 persen tapi saham turun lebih dari 4 persen.

Perusahaan asuransi, Standard Life diperdagangkan sedikit lebih tinggi setelah melaporkan laba setahun penuh sebesar £ 1,42 miliar ($ 2 milyar) dibandingkan dengan £ 503.000.000 tahun lalu.

Perusahaan mewah Kering mengatakan pendapatan 2015 naik 15,4 persen dibantu oleh melemahnya euro dan kinerja yang baik dari Gucci, yang dimilikinya. Saham perusahaan bereaksi positif terhadap berita.

Dalam berita perusahaan lain, Barclays diharapkan untuk memberitahu staf pada hari Jumat bahwa Tom King akan mengundurkan diri sebagai kepala bank investasi, Reuters melaporkan.

Sedangkan saham Gameloft, sebuah perusahaan video game, naik 15 persen setelah kelompok media Prancis Vivendi mengatakan itu meluncurkan pengambilalihan perusahaan. Berita itu mengirim saham pembuat game Ubisoft naik tajam.

Perusahaan penyiaran Italia Mediaset diperdagangkan di wilayah positif setelah koran lokal melaporkan bahwa Vivendi telah mempertimbangkan pengambilalihan unit TV berbayar tersebut.

Sementara itu, seorang pemilik mobil diesel Mercedes BlueTEC mengajukan gugatan class action pada hari Kamis terhadap Daimler yang mengklaim tingkat emisi nitrogen oksida yang berlebihan. Produsen mobil Jerman menyebutkan gugatan tidak berdasar dan mengatakan akan mempertahankan diri melawan tuntutan tersebut. Saham produsen mobil Jerman tersebut diperdagangkan lebih rendah.

Volkswagen dan Audi di Korea Selatan digerebek oleh jaksa lokal sebagai bagian dari penyelidikan atas kasus emisi. Saham Volkswagen berada di wilayah negatif.

Tapi ada berita positif bagi sektor ini. Valeo melihat saham diperdagangkan lebih tinggi setelah membukukan kenaikan 30 persen laba bersih setahun penuh.

Malam nanti akan dirilis data Consumer Confidence Flash Februari Kawasan Euro yang diindikasikan akan berada pada posisi -6,7, turun dari hasil sebelumnya pada -6,3.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi melemah merespon pelemahan data ekonomi euro. Namun juga perlu diperhatikan pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah, yang menjadi indikator penting juga terhadap pergerakan bursa Eropa.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here