Penjualan Rumah AS Capai Rekor Tertinggi 6 Bulan

503

Rumah yang sudah terjual pada bulan Januari alami kenaikan tak terduga, mencapai tertinggi enam bulan, dalam tanda terbaru bahwa perekonomian masih di jalur kencang meski perlambatan pertumbuhan global dan pengetatan kondisi pasar keuangan.

National Association of Realtors mengatakan pada hari Selasa penjualan rumah  naik 0,4 persen ke tingkat tahunan 5,47 juta unit, level tertinggi sejak Juli. Laju penjualan bulan lalu juga tertinggi kedua sejak 2007.

Laju penjualan bulan Desember direvisi sedikit turun menjadi 5,45 juta unit dari sebelumnya dilaporkan 5.460.000. Penjualan naik kuat di AS Timur Laut, meskipun badai salju besar, dan juga di Midwest.

Para ekonom telah memperkirakan penjualan rumah menurun 2,9 persen menjadi 5,32 juta unit bulan lalu. Penjualan naik 11 persen dari tahun lalu. NAR juga merevisi data penjualan akan kembali tiga tahun, yang menunjukkan sedikit perubahan dalam lintasan ke atas pasar perumahan ini.

Harga rata-rata untuk rumah yang dimiliki sebelumnya meningkat 8,2 persen menjadi $ 213.800 dari tahun lalu, dan lebih banyak merupakan pembeli pertama kali memasuki pasar.

Laporan perumahan ditambahkan ke penjualan ritel, produksi industri dan data ketenagakerjaan dalam menyatakan bahwa ekonomi kembali beberapa momentum setelah melambat untuk merangkak pada kuartal keempat.

Penjualan telah stabil setelah pengenalan peraturan kredit baru pada bulan Oktober, yang dimaksudkan untuk membantu pembeli rumah memahami pilihan pinjaman mereka dan toko sekitar untuk pinjaman paling cocok dengan keadaan keuangan mereka.

Realtors mengatakan peraturan ini, yang membuat turunnya penjualan pada bulan November yang diikuti oleh lonjakan pada bulan Desember, telah meningkat secara signifikan.

Perumahan terus didukung oleh pengetatan pasar tenaga kerja, yang mulai mendongkrak pertumbuhan upah, meningkatkan pembentukan rumah tangga. Tapi kurangnya properti yang tersedia untuk dijual masih menjadi tantangan.

Pada bulan Januari, jumlah rumah yang tidak terjual di pasar naik 3,4 persen dari Desember menjadi 1,82 juta unit, namun turun 2,2 persen dari tahun lalu.

Pada laju penjualan bulan Januari, itu akan mengambil 4,0 bulan untuk membersihkan persediaan rumah di pasar, naik dari 3,9 bulan pada Desember. Sebuah pasokan enam bulan dipandang sebagai keseimbangan yang sehat antara penawaran dan permintaan.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here